Mantap ! Pemprov Lampung Anggarkan Rp104 M untuk Lamteng

  • Bagikan
Kepala Bappeda Lampung Herlina Warganegara dan Bupati Lamteng Loekman Djoyosoemarto saat menghadiri Musrenbang Lamteng, kamis (21/3). Foto Syaiful Mahrum/radarlampung.co.id

radarlampung.co.id. – Pemkab Lampung Tengah mengadakan Musrenbang 2019 dalam rangka penyusunan RKPD 2020 dengan tema Peningkatan SDM dan Perekonomian Rakyat dengan Semangat Gotong-Royong di Gedung Sesat Agung Nuwo Balak, Kamis (21/3). Dalam musrenbang ini diketahui Pemprov Lampung mengucurkan anggaran Rp104 miliar ke Lamteng untuk pembangunan jalan, jembatan, dan drainase.

Kepala Bapeda Lampung Herlina Warga Negara mewakili Gubernur M. Ridho Ficardo meminta memanfaatkan musrenbang ini untuk mendengarkan kebutuhan masyarakat. “Jadikan ini momentum mendengarkan kebutuhan masyarakat. Ini agar memberikan manfaat untuk kesejahteraan masyarakat,” katanya.


Guna mewujudkan pembangunan nasional, kata Herlina, dibutuhkan koordinasi, sinergi, partisipasi, dan kontribusi bersama. “Koordinasi, sinergi, partisipasi, dan kontribusi diperlukan untuk mewujudkan pembangunan nasional,” unarnya.

Herlina juga menyampaikan banyak keberhasilan yang telah dicapai beberapa tahun terakhir.

“Banyak keberhasilan pembangunan yang telah dicapai. Di antaranya peningkatan indeks daya saing Lampung naik menjadi peringkat ke-12 nasional dari peringkat 18 dan 14; penurunan angka kemiskinan menurun dari 14,21% pada 2014 menjadi 13,01% pada 2018; peningkatan IPM dari 66,42 % pada 2014 menjadi 68,25% pada 2017; pengangguran terbuka lebih 4,06% lebih rendah dari angka nasional 5,04%; pertumbuhan ekonomi di atas 5% rata-rata nasional; dan laju inflasi terkendali 4,65 pada 2015 menjadi 3,02 pada 2017,” paparnya.

Meski demikian, kata Herlina, masih ada permasalahan yang kompleks dalam ketenagkerjaan. “Rata-rata penduduk bekerja berpendidikan SMP ke bawah sekitar 65%. Kemudian masalah kemiskinan dan sosial lainnya. Karena itu, saya berpesan agar dalam musrenbang ini memperhatikan kondisi sosial. Ini agar Lamteng menjadi penopang laju pembangunan di Lampung,” katanya.

Program dan kegiatan Provinsi Lampung 2019 di Lamteng, kata Herlina, di antaranya pembangunan jalan, peningkatan jalan, dan pemeliharaan jembatan. “Kemudian pembanguna sumur bor dan irigasi serta bantuan benih ikan. Total anggaran yang dikucurkan untuk pembangunan jalan dan jembatan sekitar Rp104 miliar. Rencana ini akan dibahas lebih lanjut pada Musrenbang Lampung, 27-29 Maret 2019,” ungkapnya. (sya/wdi)




  • Bagikan