Pesbar  

Marak, Penambangan Pasir Laut di Pesbar


Lokasi penambangan pasir laut ilegal yang ada di pantai Pekon Padang Haluan, Kecamatan Krui Selatan, Pesisir Barat. FOTO DOKUMEN SATPOL PP-DAMKAR PESISIR BARAT

RADARLAMPUNG.CO.ID – Satpol PP dan Pemadam Kebakaran Pesisir Barat bergerak menertibkan penambangan pasir ilegal di kawasan pantai. Salah satunya di Pekon Padang Haluan, Kecamatan Krui Selatan, Kamis (12/5).

Kabid Penegakan Peraturan Perundang-undangan Daerah dan Sumber Daya Aparatur M. Adhar mengatakan, berdasar informasi, saat ini marak pengambilan pasir skala besar. Kegiatan tersebut dilakukan pada malam hari sekitar pukul 19.00 WIB dan pukul 04.00 WIB.





“Dari hasil penertiban tambang pasir laut ilegal di pantai Padang Haluan, ditemukan banyak lubang bekas galian. Tapi kita tidak menemukan pelaku penambangan,” kata M. Adhar mewakili Plt. Kasatpol PP-Damkar Pesbar Cahyadi Moeis, Jumat (13/5).

Dijelaskan, luas lahan yang menjadi areal penambangan pasir laut mencapai 1.000 meter persegi. Saat melakukan penertiban, tim sempat didatangi oleh warga yang mendukung langkah Satpol PP-Damkar.

Baca Juga:   Pemkab Pesbar Raih WTP Ketiga

“Salah seorang warga menyampaikan dukungan penertiban penambangan pasir laut ilegal. Sebab dikhawatirkan penambangan berdampak terhadap lingkungan,” sebut dia.

Dalam penertiban, tim Satpol PP-Damkar juga memanggil aparatur pekon dan perwakilan Lembaga Himpunan Pekon (LHP) untuk memberikan penjelasan terkait larangan penambangan pasir laut.

“Perwakilan aparatur pekon juga menyampaikan sudah sering memberikan teguran ke masyarakat agar tidak melakukan penambangan pasir laut,” tandasnya.

Sayangnya, masyarakat tidak mengindahkan larangan itu. Penambangan yang dilakukan puluhan orang itu berlanjut. Karenanya, Satpol PP-Damkar akan terus memantau lokasi. ”Pengawasan kami lakukan berkala. Bekerjasama dengan pihak kecamatan, aparat pekon, LHP, kepolisian, TNI, Polairud serta OPD terkait lainnya,” pungkasnya. (yan/ais)

 

Baca Juga:   Bupati Salurkan Bantuan untuk Korban Banjir Rob