Marwan Cik Asan Serap Aspirasi Warga Kotabumi Utara

  • Bagikan

radarlampung.co.id – Wakil Ketua Fraksi Demokrat MPR RI Marwan Cik Asan mengunjungi daerah pemilihan (dapil) dalam rangka aspirasi masyarakat di Kecamatan Kotabumi Utara, Lampung Utara, Selasa (20/3).

Masyarakat terlihat antusias menghadiri acara tersebut. Pada kesempatan itu, Marwan terus berupaya mensosialisasikan terkait pertumbuhan ekonomi, arah dan tahapan pembangunan bidang ekonomi berkelanjutan. Hal itu mencakup gambaran kondisi saat ini dan arah kebijakan yang perlu ditempuh pada waktu tertentu yakni 25 tahun mendatang.

“Pertumbuhan ekonomi (Economic Growth) adalah proses perubahan kenaikan kondisi perekonomian. Diwujudkan dalam bentuk kenaikan produksi barang dan jasa sehingga kemakmuran masyarakat meningkat,” kata Marwan.

Politisi asal Lampung itu meneruskan, masalah pertumbuhan ekonomi dapat dipandang sebagai masalah makro ekonomi dalam jangka panjang.

Dikatakan Marwan, ada lima faktor yang dapat mempengaruhi pertumbuhan ekonomi. Diantaranya, faktor sumber daya manusia (SDM), faktor sumber daya alam (SDA), faktor Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (IPTEK), faktor budaya, dan sumber daya modal.

Perkembangan kemampuan memproduksi barang dan jasa sebagai akibat pertambahan faktor-faktor produksi pada umumnya tidak selalu diikuti oleh pertambahan produksi barang dan jasa yang sama besarnya.

“Pertambahan potensi memproduksi seringkali lebih besar dari pertambahan produksi yang sebenarnya,” katanya.

Untuk itu Marwan mengajak masyarakat setempat untuk tidak hanya bertumpu pada satu sektor saja. Masyarakat dapat memanfaatkan beberapa sektor agar dapat meningkatkan produksi barang dan jasa yang bervariatif sehingga dapat meningkatkan kenaikan penawaran tenaga kerja, kenaikan modal fisik atau sumber daya manusia, serta kenaikan produktivitas.

Masyarakat yang hadir menyimak terlebih dulu penjelasan Marwan Cik Asan. Kemudian merespon dengan mengajukan berbagai pertanyaan-pertanyaan kritis seputar pertumbuhan ekonomi.

Politisi Partai Demokrat itu menerangkan, semua pertanyaan-pertanyaan dari masyarakat. Sehingga seluruh masyarakat yang hadir dapat memahami betul arah kebijakan yang perlu ditempuh untuk melaju pertumbuhan ekonomi.

Selain Marwan, hadir pula dalam kesempatan ini para tokoh masyarakat, tokoh agama, dan tokoh adat setempat. (rnn/gus)




  • Bagikan