Masa Pendemi Covid-19, Puskesmas Tetap Layani Pemeriksaan Gigi


Kepala Dinas Kesehatan Bandarlampung Edwin Rusli. FOTO APROHAN SAPUTRA/RADARLAMPUNG.CO.ID

RADARLAMPUNG.CO.ID – Di masa pandemi Covid-19 mungkin masyarakat Bandarlampung bertanya-tanya, apakah pelayanan kesehatan Poli Gigi di Puskesmas tetap buka, atau justru tidak menerima pasien yang mengeluh sakit seputar gigi.

Terkait hal itu, Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Bandarlampung Edwin Rusli menegaskan, Puskesmas se-Bandarlampung tetap membuka layanan poli gigi. Akan tetapi, tindakan penanganan hanya sebatas pemeriksaan.





Sedangkan terkait tindakan operasi: cabut gigi atau berkaitan dengan bedah, Puskesmas akan mengeluarkan rujukan ke rumah sakit yang berkompeten. Hal itu, sudah menjadi keputusan asosiasi gigi.

“Tetap melayani pemeriksaan. Tetapi, pelayanan juga dibatasi, terkait tindakan operasi atau pembedahan akan dirujuk ke rumah sakit. Yang jelas, pelayanan tetap buka. Pembatasan itu juga sesuai instruksi asosiasi dokter gigi,” katanya kepada Radar Lampung, Minggu (6/12).

Edwin menyebutkan, meskipun dimasa pandemi Covid-19, pelayanan bagi masyarakat Kota Bandarlampung tetap buka sesuai dengan protokol tetap kesehatan. Sehingga, masyarakat tidak perlu kawatir bila ingin berobat. (apr/sur)