Masih Ada Peserta Pemilu Belum Serahkan LPSDK

  • Bagikan

radarlampung.co.id – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Lampung menegaskan pada dua peserta pemilu yakni, tim kampanye Capres-Cawapres 02 Prabowo Subianto-Sandiaga Salahudin Uno dan Calon Perseorangan DPD RI, Ida Jaya untuk menyerahkan Laporan Penerimaan Sumbangan Dana Kampanye (LPSDK).

Hal ini dikatakan Ketua KPU Lampung Nanang Trenggono melalui ponselnya Minggu (13/1). Menurut dia, usai ditutupnya penyerahan LPSDK 2 Januari lalu, KPU Lampung langsung memanggil dua peserta pemilu yang tercatat belum menyerahkan LPSDK.

“Setelah ditutup kami memanggil peserta pemilu yang tidak menyerahkan LPSDK. Kami dorong untuk tetap menyerahkan, sebab LPSDK merupakan 1 paket wajib dana kampanye bersama LADK (laporan awal dana kampanye) dan LPPDK (laporan penerimaan dan pengeluaran dana kampanye) ke KPU,” jelas Nanang.

Baca Juga:   PKS Lampung Dapat PR Penokohan Nasional Salim Segaf

Memang, lanjut Nanang, penyerahan LPSDK ini tak bersanksi. Namun tetap saja seluruh peserta pemilu wajib menyerahkannya. “Kalau tidak menyerahkan nanti ada sanksinya, kan itu satu paket. Tidak bisa tidak menyerahkan,” ujarnya.

Nanang mengatakan KPU Lampung telah mengklarifikasi 2 peserta pemilu agar segera menyerahkan LPSDK. “Kalau Ida Jaya menurut LO (liasion Officer) mencoba memberikan pemahaman pada calon untuk tetap memasukan LPSDK. Kemudian Tim Prabowo sudah diklarifikasi juga, agar menyerahkan,” tambahnya.

Kasubag Hukum Sekretariat KPU Lampung A. Ingga Arasy mengaku, belum menerima LPSDK dua peserta pemilu. “Iya keduanya sudah dihubungi, kemarin sempat mau menyerahkan tapi batal karena ada yang belum lengkap formulirnya,” ujar Ingga melalui sambungan telpon, Minggu (13/1).

Baca Juga:   PKS Lampung Dapat PR Penokohan Nasional Salim Segaf

Meski tidak ada sanksinya, Ingga menyebut KPU Lampung akan tetap menunggu LPSDK sebelum diserahkan ke Kantor Akuntan Publik 26 April mendatang. “Iya tetap harus nyerahin, kami tunggu. Lebih cepat lebih baik,” pungkasnya. (rma/kyd)




  • Bagikan