Masih Ada Waktu, Yuk Ikut Keseruan Pesta Sekura

  • Bagikan
Pesta Sekura yang berlangsung di Pekon Kotabesi, Kecamatan Batubrak, Lampung Barat, Jumat (7/6). FOTO NOPRIADI/RADARLAMPUNG.CO.ID
Pesta Sekura yang berlangsung di Pekon Kotabesi, Kecamatan Batubrak, Lampung Barat, Jumat (7/6). FOTO NOPRIADI/RADARLAMPUNG.CO.ID

radarlampung.co.id – Ribuan topeng memeriahkan Pesta Sekura yang berlangsung di Lampung Barat. Sejumlah kecamatan menggelar kegiatan yang dilaksanakan saat Lebaran tersebut.

Pesta Sekura menjadi ajang silaturahmi masyarakat serta wujud kegembiraan setelah menjalankan ibadah puasa, digelar sejak hari pertama Idul Fitri. Tahun ini, ada sembilan pekon dan kelurahan yang menggelar Pesta Sekura Cakak Buah.

Jumat (7/6), kegiatan ini berlangsung di Pekon Kotabesi, Kecamatan Batubrak. Pantauan Radarlampung.co.id, ratusan peserta yang berasal dari berbagai komunitas, serta perwakilan pekon lainnya datang ke lokasi.

Menurut koordinator Komunitas Sekura Belunguh Ikromi, ia bersama sekitar 120 anggotanya datang ke Pekon Kotabesi untuk ikut memeriahkan Pesta Sekura Cakak Buah. Mereka juga membawa sejumlah aksesoris.

Baca Juga:   Kabar Duka, Walpri Gubernur Lampung Tutup Usia

“Pesta Sekura adalah sebuah tradisi setiap Idul Fitri dan menjadi ajang silaturahmi. Tentunya wujud kegembiraan di hari kemenangan. Sehari sebelumnya, kami menggelar Pesta Sekura di Pekon Kenali. Giliran kami hari ini datang ke Pekon Kotabesi,” ungkapnya.

Aparatur sipil negara (ASN) di Pemkab Lampung Barat ini melanjutkan, ada keseruan tersendiri saat menggunakan topeng Sekura. Selain bisa bebas berekspresi, tentunya memberikan hiburan tersendiri bagi pengunjung.

“Iya, selain melestarikan kebudayaan asli Lampung Barat, juga ada keseruan tersendiri. Peserta biasanya memakai topeng lucu dan membuat pengunjung tertawa,” sebut dia.

Sementara, Wandi, salah satu pengunjung mengaku Pesta Sekura merupakan budaya unik. “Kami awalnya mau ke Kebun Raya Liwa. Lalu ikut nonton Pesta Sekura ini,” kata warga Bukitkemuning, Lampung Utara yang mengaku baru sekali melihat pesta tersebut.

Baca Juga:   Ratusan Warga Geruduk Gerai Vaksinasi Pizza Hut

Pada bagian lain, Plt. Kepala Dinas Kepemudaan, Olahraga dan Pariwisata (Disporapar) Lampung Barat Ronggul L. Tobing mengatakan, ada sembilan pekon yang menggelar Pesta Sekura. Hari pertama, berlangsung di Pekon Wayempulau Ulu, Kecamatan Balikbukit. Keesokan harinya di Pekon Kembahang, Kecamatan Batubrak dan Kenali di Kecamatan Belalau serta Pekon Waymengaku, Kecamatan Balikbukit.

“Untuk hari ini di Pekon Kotabesi, Kecamatan Batubrak, dan Pekon Hujung, Kecamatan Belalau. Besok di Pekon Balak dan Negeriratu, Kecamatan Batubrak. Lalu di Pekon Kegeringan, Kecamatan Batubrak, dan terakhir di Pekon Canggu, Kecamatan Batubrak,” kata Ronggur. (nop/ais)




  • Bagikan