Masjid At-Taqwa Salurkan 1,1 Ton Beras dan Rp17 Juta ke Mustahiq


Penyaluran zakat ke mustahiq dilakukan pihak amil zakat Masjid Besar At-Taqwa Blambangan Umpu, Waykanan Selasa (4/6). Foto Hermansyah/radarlampung.co.id

radarlampung.co.id-Amil Zakat Nasjud Besar At-Taqwa Blambangan Umpu Kabupaten Waykanan mulai membagikan zakat fitrah dan zakat maal Selasa (4/6) siang. Zakat dibagikan ke mustahiq zakat yang ada di lingkungan kelurahan Blambangan Umpu.

Tahun ini amil zakat Masjid Besar At-Taqwa berhasil mengumpulkan zakat fitrah berupa beras sebanyak 1,1 ton dan zakat berupa uang sebanyak Rp17 juta. “Para penerima zakat kebanyakan berasal dari warga yang berada di pinggir-pinggir kampung sehingga memberikan waktu kepada mereka untuk datang menuju masjid guna mengambil haknya,” ujar Cik Ali SH Sekretaris amil zakat Masjid Besar At-Taqwa.





Menurut Cik Ali, pengumuman pemerintah yang menyatakan hari Raya Idul Fitri 1 Syawal jatuh pada Rabu (5/6) membuat pihak amil zakat bisa lebih leluasa membagikan zakat. “Kalau kita berlebaran hari ini, amil harus membagikan zakat yang diterima tadi malam,” katanya,

Haji Ahmad Basri MM Kabid Pembangunan Pengadaan Barang Masjid At-Taqwa menyatakan di bulan Ramadan ini pihaknya melakukan perbaikan sejumlah fasilitas masjid. Selain itu, atas bantuan jamaah, masjid juga kini memiliki 1 unit genset berkekuatan 5000 PK seharga Rp16,5 juta.

“Entah mengapa setiap hari-hari besar Islam apakah itu hari Jumat maupun hari raya listrik padam di tempat kami. Untuk mengantisipasi hal pengurus membeli genset tersebut walaupun selintas agak mahal, akan tetapi kualitasnya sangat terjamin,” katanya. (sah/wdi)