Masuk Hari Kedua, Sudah 181 Pendaftar SBMPTN Unila

  • Bagikan
Humas BPPMB Unila M. Komarudin saat ditemui di ruangannya, Senin (24/8). FOTO RURI/RADARLAMPUNG.CO.ID

Radarlampung.co.id-Sebanyak 181 calon mahasiswa mendaftarkan dirinya ke Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) Universitas Lampung (Unila) yang baru saja dibuka Senin (15/3).

Sebanyak 181 pendaftar tersebut tercatat hingga Selasa (16/3), hal tersebut berdasarkan informasi Humas Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) Unila, M. Komaruddin. ”Sudah ada 181 pendaftar SBMPTN Unila hingga pagi ini,” jelasnya.


Sayangnya, Komar –sapaan akrab Komaruddin- ini mengatakan belum dapat diketahui pendaftar tersebut melamar pada jurusan apa di Unila. ”Belum dapat diketahui,” tambahnya.

Sementara pendaftaran SBMPTN yang dibuka mulau 15 Maret hingga 1 April 2021 melalui akun Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) yang telah dimiliki setiap calon peserta.

Untuk diketahui, pendaftaran akun LTMPT gelombang kedua resmi ditutup pada 12 Maret lalu. Selanjutnya, peserta diminta bersiap untuk mendaftar sebagai peserta SBMPTN. “Tinggal pelaksanaan SBMPTN dan UTBK (Ujian Tulis Berbasis Komputer),” kata Komaruddin.

Baca Juga:   Wartawan Radar Lampung Sabet Juara Dalam Lomba Karya Jurnalistik Itera tahun 2021

Untuk biaya, lanjut dia, tidak berbeda dari tahun sebelumnya yakni Rp200 ribu bagi kelompok Sainstek (Sains-Teknologi) atau Soshum (sosial hukum). Sementara untuk kelompok ujian campuran dikenakan biaya Rp300 ribu.

Komarudin menjelaskan, untuk pelaksaan UTBK akan dilakukan 2 gelombang pada bulan April, sementara hasil ujian akan diumumkan pada Juni 2021. Pada saat mendaftar, peserta bisa memilih dua program studi (prodi) jika hanya satu pilihan PTN. Jika peserta memilih dua PTN, maka hanya bisa memilih masing-masing satu prodi. “Unila sendiri menyediakan kuota sebanyak 3.993 kursi untuk jalur SBMPTN,” ujar Komarudin.

Komarudin menjelaskan bahwa tahun ini suasana UTBK SBMPTN Unila sedikit berbeda yakni saat ini ada penambahan prodi baru S1 Bahasa Lampung. Lebih rinci, Komar menyampaikan LTMPT memberi kesempatan bagi lulusan SMA/Sederajat pada tahun 2019 dan 2020 untuk mengikuti UTBK, SBMPTN 2021 bersama lulusan SMA tahun ini. Para peserta diminta untuk mempunyai akun LTMPT sebagai syarat mendaftar. Registrasi akun LTMPT Tahap II ditujukan bagi siswa lulusan tahun 2019, 2020, dan 2021 yang akan mengikuti UTBK SBMPTN.

Baca Juga:   Kelelahan, Siswi SMAN 7 Bandarlampung Pingsan Usai Divaksin Dosis Kedua

UTBK SBMPTN 2021 merupakan salah satu jalur seleksi masuk perguruan tinggi yang disediakan oleh LTMPT. Selain itu, ada juga Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) 2021 yang saat ini tengah diproses oleh LTMPT. Pengumuman hasil SNMPTN 2021 dijadwalkan pada 22 Maret 2021. (rma/wdi)




  • Bagikan