Membanggakan, Dua Karateka Lampung Juara Ajang Asia Karate Championship

  • Bagikan

Radarlampung.co.id- Dua karateka Lampung menorehkan prestasi membanggakan di dunia internasional.

Ya, dua atlet Lampung tersebut mewakili Timnas Indonesia di ajang Asia Karate Championship pada 18-22 Desember lalu yang digelar oleh Asia Karate Federation (AKF) di Kazakhstan.



Kabar ini disampaikan Ketua Federasi Karate-do Indonesia (Forki) Lampung, Hannibal. Ia menjelaskan apabila dua atlet Lampung itu yakni Andika Hulio dan Ari Saputra yang turun. Total, kontingen yang dikirim untuk Indonesia adalah 30 atlet dan ofisial. Untuk Andika, ia mendapat medali perak di kelas kumite junior -68 kilogram (Kg).

“Andika mendapatkan medali perak di kelas junior setelah mengalahkan atlet tuan rumah (Kazakhstan),” ujar Hannibal, Sabtu (1/1).

Sementara, Ari Saputra yang turun di kumite kelas -55 Kg mendapatkan medali perunggu, setelah menumbangkan karateka Jepang. “Alhamdulillah ini prestasi yang membanggakan untuk Indonesia dan Lampung,” ucapnya.

Sebelumnya, kata Hannibal, keduanya sudah berprestasi. Ari merupakan atlet PON Papua yang memperoleh medali emas. Sedangkan Andika mendapatkan medali emas di kejuaraan PB Forki di Bandung beberapa waktu lalu.

Setelah mengikuti kejuaraan karate Asia, Ari langsung bergabung bersama Timnas Indonesia untuk mengikuti pelatnas persiapan Sea Games Vietnam 2022. Selain Ari, atlet Lampung lainnya Nurhalim Arlendi juga ikut pelatnas Sea Games.

Hannibal berharap kemenangan ini bisa menjadi pemicu semangat untuk menyongsong tahun 2022. Ia juga berharap kemenangan Andika di dunia internasional juga bisa menjadi penyemangat untuk atlet junior yang lain. Sebab, olahraga karate ini kata Hannibal cukup sulit untuk pembinaannya. Selain karena atletnya harus ikut berbagai kejuaraan untuk peningkatan prestasi, terkadang juga terdapat ganjalan.

“Agak sulit, karena karate ini olahraga full kontak, olahraga keras. Jadi kadang kita sudah dapat anak yang lumayan (prestasi), tapi nggak dapat dukungan orangtuanya dan keluarga karena takut anaknya cidera dan kenapa-kenapa,” tandasnya.

Hannibal juga mengungkap Andika menjadi salah satu aset atlet Lampung yang akan dipersiapkan tampil di PON 2025 di Aceh dan Sumatera Utara.(nca/yud)






  • Bagikan