Mengamuk di Pasar, ODGJ Dibawa ke Panti Rehabilitasi

  • Bagikan
Camat Gisting Purwanti bersama Bhabinkamtibmas dan Babinsa menjemput ODGJ warga Pekon Banjarmanis untuk dibawa ke panti rehabilitasi di Bandarlampung. FOTO DOKUMEN CAMAT GISTING

RADARLAMPUNG.CO.ID – Aparat Kecamatan Gisting membawa seorang warga Pekon Banjarmanis ke panti khusus orang dengan gangguan jiwa (ODGJ). Sebelumnya, lelaki 45 tahun itu sempat mengamuk.

Camat Gisting Purwanti mengatakan, ODGJ tersebut sehari-hari berprofesi sebagai tukang ojek. “Senin kemarin kumat dan mengamuk di Pasar Gisting, sehingga membuat pedagang dan pengunjung pasar menjadi takut,” kata Purwanti.


Dilanjutkan, pria berinisial EC tersebut sudah lama mengalami gangguan kejiwaan. Terkadang kondisi kejiwaannya kumat.

“Menurut keterangan warga, EC ini sudah lama mengalami gangguan kejiwaan. Sudah 10 tahun. Namun parah-parahnya baru dalam tiga tahun terakhir ini. Kalau sedang normal, ya aktivitas seperti biasa. Tapi kalau lagi kumat, ya meresahkan warga,” ujarnya.

Baca Juga:   Program Langit Biru Hadir di Tanggamus

Purwanti menjelaskan, setelah mendapat informasi dari pihak pekon, pihaknya menindaklanjuti ke Dinas Sosial (Disos) Tanggamus.

“Pengajuan dari kami disetujui untuk merehabilitasi ODGJ tersebut. Selanjutnya, saya bersama uspika mendatangi rumah EC dan langsung membawanya dengan ambulans ke panti Aulia Rahma di Kemiling Bandarlampung untuk mendapat perawatan,” ucapnya.

Dilanjutkan, perawatan EC ditanggung sepenuhnya oleh Didsos Tanggamus. “Kalau waktu perawatannya sampai kapan, saya juga kurang paham. Kalau tidak salah selama enam bulan. Tapi untuk lebih pastinya silahkan ditanyakan ke Dissos Tanggamus,” pungkasnya. (ehl/rnn/ais)

 




  • Bagikan