Mengenai Saksi Paslon tidak Tandatangani Berita Acara Rekapitulasi, Ini Tanggapan KPU

  • Bagikan

radarlampung.co.id – Dua saksi pasangan calon Gubernur dan wakil Gubernur Lampung yang tidak menandatangani berita acara rekapitulasi KPU, tidak berpengaruh dalam pleno rekapitulasi perolehan suara KPU Provinsi Lampung.

Hal itu diungkapkan oleh KPU Provinsi Lampung Nanang Tranggono, saat menggelar rapat pleno terbuka rekapitulasi penghitungan perolehan suara Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Lampung 2018 di Ballroom Hotel Novotel Bandarlampung, Minggu (8/7).

“Itu yang menandatangani saksi yang bersedia saja dan jadi saksi yang tidak tandatangan tidak berpengaruh pada rekapitulasi KPU hari ini,” ungkapnya.

Nanang mengatakan, rapat pleno rekapitulasi itu, asensinya menghitung surat suara kemudian menjumlahkan hasil dari 15 kabupaten/kota menjadi tingkat Provinsi.

Baca Juga:   Kabar Baik, Pemprov Lampung Realisasikan Dana Bagi Hasil dan Insentif Nakes

“Karena inikan tingkatnya Provinsi Lampung jadi dimudahkan untuk proses penandatanganan saksi paslon,” ujarnya.

Nanang menjelaskan, penetapan hasil rekapitulasi dan penetapan gubernur terpilih menunggu dari Makamah Konsitusi (MK) RI. Karena menurut dia, kemungkinan ada paslon yang lakukan gugatan ke MK.

“Jadi kami menunggu dari MK selama tiga hari batas terakhir regestrasi. Jika tidak ada gugatan ke MK, maka tiga hari sudah kami tetapkan sebagai Gubernur terpilih. Tapi maksimal selisih perolehan suara itu satu persen dari jumlah penduduk di Lampung. Jadi, kami tidak menunggu dari Bawaslu,” tandasnya.

Sebelumnya diberitakan, Dua saksi pasangan calon Gubernur dan Wakil Gubernur Lampung tidak mentandatangani berita acara hasil Rekapitulasi perhitungan suara Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Lampung.

Baca Juga:   Vaksinasi Covid-19 Bagi Masyarakat Umum di Tanggamus Tunggu Kiriman Stok Vaksin

Yaitu Amaludin saksi paslon nomor satu dan Wantoni Nurdin saksi paslon nomor dua. Sedangkan Toni Eka Candra saksi nomor tiga dan Martono saksi nomor empat menyepakati hasil Rekapitulasi suara KPU Lampung. (ndi/ang)




  • Bagikan