Menhub Proyeksikan Pelabuhan Panjang Bisa Digunakan Pemudik Tiap Tahun


Mentri perhubungan (menhub) RI Budi Karya Sumadi dan jajarannya saat meninjau pelabuhan Panjang, Sabtu (7/5). Foto M. Tegar Mujahid/Radarlampung.co.id
Menteri perhubungan (menhub) RI, Budi Karya Sumadi dan jajarannya saat meninjau pelabuhan Panjang, Sabtu (7/5). Foto M. Tegar Mujahid/Radarlampung.co.id

RADARLAMPUNG.CO.ID – Menteri perhubungan (menhub) RI, Budi Karya Sumadi dan jajarannya meninjau pelaksanaan arus balik di pelabuhan alternatif Panjang, Bandarlampung.

Menhub RI Budi Karya langsung melepas kapal KM Ciremai di pelabuhan Panjang. Diketahui kapal KM Ciremai memuat jumlah penumpang sebanyak roda dua 347 kendaraan, kemudian empat sebanyak 57, dan 1.084 penumpang.





Budi menjelaskan, terkait adanya pelabuhan alternatif di pelabuhan Panjang ini, salah satu bentuk upaya dari pemerintah agar pergerakan arus mudik tak hanya berada di pelabuhan Bakauheni saja.

Menurutnya, hingga saat ini sudah 37 persen penumpang bergerak ke pelabuhan panjang ini, dan sisanya 63 persen berada di pelabuhan Bakauheni.

Baca Juga:   KPK Terima 395 Laporan Gratifikasi Selama Hari Raya Idul Fitri

“Ya, pelabuhan ini akan kita siapkan setiap tahun kedepannya, selain menjadi pelabuhan logistik seperti yang telah disampaikan oleh Menteri BUMN Pak Erick Tohir beberapa waktu lalu,” katanya, Sabtu (7/5).

Lebih lanjut, Budi juga menyarakan kepada masyarakat yang akan melakukan perjalan mudik dan sebaliknya ini, untuk berangkat setelah tanggal 8 Mei.

Menurutnya, hal tersebut guna menghindari kepadatan dan penumpukan penumpang di pelabuhan Bakauheni. Agar masyarakat dapat nyaman dalam perjalanan mudik atau arus

“Pemerintah juga kan melalui menaker sudah mengizinkan untuk melakukan cuti. Kemudian anak-anak yang bersekolah juga bisa melakukan daring dari sini,” kata dia.

Sementara itu, Walikota Bandarlampung Eva Dwiana mengatakan, dengan dijadikannya pelabuhan panjang menjadi pelabuhan alternatif arus mudik, pemkot Bandarlampung siap membantu, guna menyediakan pelayanan yang lebih maksimal kedepannya.

Baca Juga:   Bulan Imunisasi, di Lampung Ada 1.598.957 Anak Sasaran Imunisasi

“Bunda juga menghimbau masyarakat untuk melaksanakan apa yang disampaikan pak Menteri. Ini guna keselamatan kita bersama,” kata Eva.

Kapolda Lampung, Irjen Pol Hendro Sugianto pelabuhan panjang menjadi alternatif arus balik ke Jawa, merupakan salah satu upaya dapat mencegah kepadatan di pelabuhan Bakauheni agar tidak begitu padat.

“Dari testimoni yang saya dapat, pemudik sangat senang adanya pelabuhan alternatif ini. Kedepan bisa disiapkan kembali, dengan penataan yang lebih bagus,” pungkasnya. (Gar/yud)