Mentan SYL Ajak Petani Sentani Gunakan Asuransi

  • Bagikan
Mentan RI Syahrul Yasin Limpo. Foto dok. Raka Denny/Jawa Pos

RADARLAMPUNG.CO.ID- Sejumlah lahan pertanian di Sentani, Kabupaten Jayapura, Papua, terancam gagal panen. Penyebabnya karena hujan deras. Untuk itu, petani diajak memanfaatkan asuransi agar terhindar dari kerugian.

Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo mengatakan cuaca buruk yang melanda sejumlah daerah cukup berdampak pada pertanian. “Ada ancaman gagal panen akibat tingginya curah hujan dibeberapa daerah. Kondisi ini yang ingin kita antisipasi. Caranya, petani harus mengasuransikan lahan,” ujar Mentan SYL, dalam keterangan pers yang diterima radarlampung.co.id, Minggu (7/2).


Dirjen Prasarana dan Sarana Pertanian (PSP) Kementerian Pertanian, Sarwo Edhy, menjelaskan, asuransi berguna bagi para petani. Menurutnya, asuransi akan memproteksi lahan dari ancaman yang berpotensi menimbulkan gagal panen. Diantaranya, cuaca ekstrim, bencana alam hingga hama tanaman.

Baca Juga:   Bank Dunia Puji Capaian Vaksinasi di Indonesia

Sarwo Edhy menjelaskan, pemerintah memberikan perhatian yang besar dalam asuransi. “Buktinya, pemerintah memberikan subsidi pada program asuransi pertanian. Sehingga premi yang harus dibayarkan petani menjadi lebih ringan. Namun, klaim yang akan didapat tetap Rp 6 juta perhektare,” tutupnya. (rls/wdi)




  • Bagikan