Menteri Desa Kumpulkan Kades Mesuji, Ini yang Dibahas

  • Bagikan

radarlampung.co.id – Seluruh kepala desa (kades) dari 7 kecamatan se Kabupaten Mesuji bertemu langsung Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (PDT), Eko Putro Sandjojo di Aula Taman Keanekaragaman Hayati di Desa Mekar Jaya Kecamatan Tanjungraya Mesuji, Sabtu (20/1) malam.

Eko Putro mengunjungi Kabupaten Mesuji dalam rangka mendampingi Presiden Jokowi meninjau Rice Milling Plant (RMP) di Desa Wonosari kecamatan mesuji Timur pada Minggu (21/1).

Dalam sambutannya, Eko menegaskan, Presiden memiliki program memajukan negara dari pembangunan desa. Sehingga dengan adanya program Dana Desa (DD) diharapkan kades bisa mengelola dengan sebaik mungkin dan tepat sasaran.

“Sebab kades memiliki peran penting dalam membangun desa. Kades adalah ujung tombak pembagunan desa,” kata Eko.

Dia menjelaskan, dengan menajamkan program dan kreatif dalam mengelola dana desa, angka kemiskinan bisa ditekan sekaligus mensejahterakan rakyat.

“Desa harus mempertajam progam desa, sehingga dapat menciptakan satu produk unggulan yang bisa diandalkan. Mendatangkan dan meningkatkan pendapatan bagi desanya. Selain itu, penggunaan dana desa wajib dilakukan secara swakelola,” tandasnya.

Sementara Bupati Mesuji Khamami mengharapkan, apa yang disampaikan oleh Menteri Desa agar benar-benar diserap oleh kepala desa. Terutama terkait pengelolaan Dana Desa dan cara memajukan desa.

“Kedatangan Menteri jangan hanya dijadikan serimonial belaka. Tanpa bisa menyerap hal-hal yang positif dan bisa diterapkan,” tutur Khamami. (muk/gus)




  • Bagikan