Merdeka ! Peringatan Detik-Detik Proklamasi, Presiden Kenakan Busana Adat Lampung

  • Bagikan
Presiden Joko Widodo mengenakan baju adat Lampung saat Upacara Peringatan Detik-detik Proklamasi didampingi Ibu Iriana yang mengenakan kain songket. Sumber foto instagram @sekretariat.kabinet

RADARLAMPUNG.CO.ID-Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengenakan busana adat Lampung saat Upacara Peringatan Detik-Detik Proklamasi di Istana Merdeka Jakarta, Selasa (17/8).

Dari pantauan Youtube sekretariat Presiden, Jokowi tiba sekitar pukul 09.52 WIB bersama Ibu Negara Iriana Jokowi yang mengenakan busana kain songket.


Jokowi mengenakan pakaian putih-putih dibalut dengan kain tumpal dan mengenakan tutup kepala.

Peringatan detik-detik proklamasi RI tahun ini dilaksanakan dengan protokol kesehatan ketat dan hanya dihadiri undangan terbatas.

Pada Upacara Detik-Detik Proklamasi tahun-tahun sebelumnya, Presiden Jokowi memang kerap mengenakan busana adat dari berbagai daerah. Dalam HUT ke-74 Kemerdekaan Republik Indonesia tahun 2019 misalnya, Presiden memilih untuk mengenakan busana adat khas Klungkung asal Bali.

Baca Juga:   Kejati Lampung Tunggu Audit BPK RI Terkait Perkara PT LJU

Sementara itu, pada HUT ke-75 Kemerdekaan RI tahun 2020, Presiden mengenakan busana adat dari Kabupaten Timor Tengah Selatan, Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT). Menurut Presiden, Indonesia memiliki kekayaan adat budaya yang sangat tinggi, termasuk dalam hal pakaian adat.

“Dulu pernah Aceh, Sumatera Barat, pernah juga Kalimantan Selatan, pernah Sunda, pernah Jawa, Betawi, kemudian ke sana Bali, Sasak, Bugis, pernah semua. Memang kekayaan budaya pakaian adat ini memang ribuan. Jumlahnya ribuan. Nanti sampai ke Maluku, Papua, semuanya nanti semuanya akan kita angkat,” ucap Presiden saat itu.

Selain itu untuk diketahui, dalam peringatan Detik-Detik Prokolamasi di Istana Merdeka tahun ini tercatat ada dua siswa asal Lampung yang tergabung dalam Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka). Keduanya yakni Aurel Febrina (SMA Negeri 1 Pesisir Tengah, Kabupaten Pesisir Barat) dan Ridho Hafidzar Armadhani (SMA Negeri 1 Kalirejo, Kabupaten Lampung Tengah). (wdi)




  • Bagikan