Meski Kasus Covid-19 Melandai, Masyarakat Wajib Waspada dan Tetap Terpakan Prokes

  • Bagikan
ILUSTRASI DOK. JPC

RADARLAMPUNG.CO.ID –  Kasus terkonfirmasi Covid-19 di Lampung mulai melandai. Meski demikian masyarakat tetap diwajibkan tetap memperketat penerapan protokol kesehatan (Prokes) Covid-19. Hal itu diungkapkan Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Lampung Reihana.

Menurut Reihana, meski kasus pertambahan Covid-19 mulai melandai, masyarakat tetap diminta waspada. Prokes yang perlu dipatuhi atau diterapkan oleh masyarakat yakni 5M (Memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak, menjauhi kerumunan, mengurangi mobilitas).


Sedangkan untuk satuan tugas (Satgas) Covid-19 dengan cara melakukan perluasan tes yakni melalui 3T (Testing, tracing dan treatment). “Walaupun sudah landai tetap satgas Covid-19 harus melakukan tracing (Pelacakan) untuk menekan angka kematian,” tuturnya.

Sebab, semakin cepat kasus konfirmasi ditemukan dan ditangani maka angka kematian bisa ditekan, meskipun berdasarkan hasil evaluasi kasus kematian paling banyak lanjut usia (Lansia) dan komorbid.

Baca Juga:   Lambar Ditarget Testing 44 Orang Sehari

Diketahui, kasus terkonfirmasi positif Covid-19 di Lampung hari ini (8/4) tercatat kasus baru bertambah 39 kasus. Sehingga total kasus Covid-19 di Lampung mencapai 14.355 kasus. Begitu pula dengan angka kematian bertambah tiga orang, sehingga total 782 orang.

Berdasarkan data Dinkes Lampung kasus baru hari ini berasal dari delapan kabupaten/kota: Bandarlampung 13 kasus, Metro 6 kasus, Lampung Barat 5 kasus, Pesisir Barat 1 kasus, dan Pesawaran 3 kasus.

Lalu, Lampung Selatan empat kasus baru, Lampung Timur 2 kasus baru, dan Lampung Tengah 5 kasus baru. Sedangkan tujuh kabupaten hari ini nihil kasus: Waykanan, Tulangbawang Barat, Tulangbawang, Mesuji, Lampung Utara, Tanggamus, dan Pringsewu.

Untuk wilayah yang masuk zona kuning (Resiko Rendah) hari ini ada enam kabupaten, yaitu Waykanan, Mesuji, Tulangbawang Barat, Lampung Tengah, Tanggamus, dan Lampung Selatan. Sementara sisanya masuk zona orange (Resiko Sedang).

Baca Juga:   Vaksin Hunter Polres Lamteng Bergerak Sasar Tempat Keramaian

Untuk kasus selesai isolasi mandiri hari ini sebanyak 55 orang. Sehingga sampai hari ini total pasien selesai isolasi mandiri sebanyak 13.130 orang. Begitu pula kasus suspek bertambah 42 orang, sehingga total 215 orang. (pip/sur)





Baca Selengkapnya...





  • Bagikan