Mesuji  

Mesuji Bentuk PATBM di 83 Desa


RADARLAMPUNG.CO.ID – Sebanyak 83 desa di Kabupaten Mesuji sudah dibentuk Program berkelanjutan yang disebut perlindungan anak terpadu berbasis masyarakat (PATBM).

Program yang dibentuk Dinas Pemberdayaan Perlindungan Perempuan dan Anak (PPPA) Mesuji itu, bertujuan memberi pembekalan terhadap anak dan orang tua serta memperkecil angka kekerasan seksual anak dan kekerasan dalam rumah tangga (KDRT).





“Ya saat ini kami sudah berkoordinasi dengan pihak kecamatan, desa, tokoh agama dan tokoh masyarakat di 83 tersebut untuk bersama-sama melakukan pembekalan terhadap anak dan orang tua. Ini supaya tidak terjadi kasus kekerasan anak dan juga kekerasan dalam rumah tangga,” kata Kepala Dinas PPPA Mesuji, Sripuji Haryanthi Hasibuan, Rabu (27/10).

Baca Juga:   Launching Gerakan Pendidikan Kesetaraan Nonformal berbasis Desa, Begini Pesan Bupati Mesuji

Selain itu, sambung Sripuji, tugas dari PATBM yakni menginformasikan kepada masyarakat, memberikan edukasi, melakukan pencegahan dan pengawasan, serta pemahaman terhadap anak, supaya tidak terjadi kasus seksual, kekerasan anak dan KDRT.

Di samping itu, untuk mencegah timbulnya kasus kekerasan seksual maupun kekerasan anak, PATBM berperan memberikan pemahaman kepada anak. Apabila melihat sesuatu kejadian anak yang tidak diinginkan, PATBM langsung menegur perilaku anak supaya tidak terjadi kasus tindakan asusila, selanjutnya diberikan bimbingan konseling dan pemahaman.

“Kami berharap, dengan adanya program ini, tingkat kekerasan terhadap anak dan KDRT di Mesuji semakin menurun,” pungkasnya. (muk/yud)