Migrasi TV Analog ke Digital, Lampung Ada Tiga Penyedia MUX

  • Bagikan

RADARLAMPUNG.CO.ID – Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) mempunyai tugas untuk menghentikan penyiaran TV analog yang beralih ke siaran TV digital.

Setidaknya ada 22 provinsi yang dibidik dalam mengimplementasikan Analog Switch Off (ASO) tersebut. Lampung masuk salah satu dari 22 provinsi itu.


Migrasi TV analog ke digital ditargetkan paling lambat terjadi pada 2 November 2022. Sebelum itu, Kominfo melakukan persiapan, salah satunya dengan membuka seleksi penyelenggara multipleksing (MUX) siaran televisi digital teresterial.

Seleksi tersebut ditunjukkan untuk Lembaga Penyiaran Swasta (LPS), yang mana pendaftarannya akan ditutup sampai dengan 5 April 2021.

Budi Jaya selaku Ketua Komisi Penyiaran Indonesia Daerah (KPID) Lampung membenarkan bahwa Lampung masuk 22 provinsi program ASO tersebut. Ada tujuh kabupaten/kota yang masuk di Lampung.

Baca Juga:   KM Lawit Isoter Pasien Tanpa Gejala Kembali ke Jakarta

Ketujuhnya, yaitu Bandarlampung, Metro, Lampung Selatan, Lampung Tengah, Lampung Timur, Pesawaran, dan Pringsewu. “Untuk tujuh daerah tersebut akan disediakan tiga Mux (Multiplekser),” ujarnya kepada Radarlampung.co.id, Jumat (12/3).

Saat ini penyedia tiga MUX dari swasta tersebut tengah ditender pemerintah pusat, dalam hal ini Kementerian Komunikasi. “Kalau sekarang yang megang MUX LPP TVRI. Kalau KPID gak terlibat pada tender kegiatan tersebut. Kalau sudah ada pemenang dari pusat kita tunggu arahan,” terangnya.

Budi menjelaskan, berdasarkan Undang-Undang nomor 11 tahun 2020 tentang Cipta Kerja, pada pasal 72, dijelaskan bahwa peralihan dari TV Analog ke Digital wajib dilakukan pada 2 November 2022 mendang. “Baik Suprastruktur dan Infrastruktur,” terangnya.

Baca Juga:   KUA PPAS APBD 2022 Sudah Diserahkan Pemprov Tapi Belum Dibahas, Ini Kata Ketua DPRD Lampung

Untuk penerapannya, saat ini munurutnya telah dimulai. “Kalau cara beralihnya misal RadarTV mau beralih ke digital harus sewa MUX. Kalau sekarang yang sudah tersedia MUX TVRI. Nanti kalau sudah didapat pemenang tender ada tiga penyedia MUX,” terangnya.

Senada disampaikan Febriyanto selaku Komisioner KPID Lampung. Menurutnya rencana tombol hitung mundur Migrasi TV Analog ke Digital akan digaungkan Presiden Joko Widodo tepat pada Hari Penyiaran Nasiomal 1 April 2021 di Solo.

“Untuk persiapan di Lampung masih sosialiasasi. Karena penyiaran digital sendiri masih belum familiar di masyarakat. Pemerintah punya roodmap penyiaran yang dilakukan bertahap dimulai dari 12 provinsi yang sudah ada penyelenggara MUX. Lampung sendiri belum ada, dan baru TVRI,” terangnya. (pip/sur)




  • Bagikan