Minta Dukungan, 62 Finalis Muli-Mekhanai Sambangi Radar Lampung

  • Bagikan
Finalis Muli Mekhanai Lampung 2019 berfoto bersama usai berkunjung ke Graha Pena Radar Lampung, Rabu (31/7). Foto M. Tegar Mujahid/Radarlampung.co.id

Radarlampung.co.id Sebanyak 62 Finalis Muli-Mekhanai provinsi Lampung 2019 dari 13 kabupaten/kota menyambangi Graha Pena Lampung (Radar Lampung), Rabu (31/7). Rombongan yang terdiri dari 33 Muli dan 29 Mehkhanai tersebut disambut Pimpinan Redaksi Radarlampung.co.id Widisandika beserta jajaran redaksi.

Kepala Bidang Pengembangan Kelembagaan Kepariwisataan Dinas Pariwisata provinsi Lampung, Linda Sumadewi menjelasan, Muli-Mekhanai Lampung ini nantinya diharapkan bisa menjadi duta daerah yang bisa membantu pembangunan Lampung, khususnya di bidang Pariwisata.

“Kedatangan rombongan kali ini juga dalam rangka meminta support untuk para Finalis Muli-Mekhanai provinsi Lampung 2019,” kata Linda didampingi Kepala seksi (Kasi) SDM Dinas Pariwisata provinsi Lampung Puji Wahyuni.

Linda menambahkan, para Finalis Muli-Mekhanai nantinya akan dinilai berdasarkan 4 kriteria utama, yakni Brain, Beauty, Behavior dan Brave. “Untuk kriteria Brain sendiri, para finalis telah melaksanakan tes dan wawancara yang mencakup hampir semua kriteria yang kita inginkan,” tambahnya.

Dalam tes tersebut, pihaknya juga melibatkan berbagai pihak untuk memberikan penilaian. Di antaranya Kabid Humas Polda Lampung Kombespol Zahwanu Pandra Arsyad yang merupakan Abang None Jakarta 1991, Center Director English First (EF) Lampung Tissa Zadya sebagai penguji bahasa Inggris, serta perwakilan Tenokrat Maya untuk tes kepribadian.

“Kemudian ada juga perwakilan dari Dinas Pariwisata provinsi Lampung yang ahli di bidang seni tari dan lain-lain.  Setiap aktifitas para finalis juga dinilai setiap harinya, kemudian akan dibuatkan list dan diserahkan pada juri Grand Final sebagai bahan pertimbangan,” tambahnya.

Nantinya, sambung dia, pihaknya akan memilih 10 pasang finalis yang kemudian akan diminta untuk memberikan pidato pandangannya tentang Lampung. “Lebih baik kalau itu terkait hal-hal yang bisa memberikan dampak ke masyarakat. Kemudian dari 10 pasang akan dipilih lagi menjadi 5 pasang pemenang,” tandasnya.

Selain itu, pihaknya juga akan memilih pemenang di kategori lain. Seperti kategori photogenic pilihan masyarakat melalui polling di Radar Lampung, kemudian ada juga kategori terfavorit melalui poling SMS yang bekerjasama dengan Telkomsel, serta kategori Duta Anak Bangsa bekerjasama dengan Go-jek.

Sementara itu, Pimpinan Redaksi Radarlampung.co.id Widisandika mengatakan, ajang pemilihan Finalis Muli-Mekhanai memegang peranan yang lebih penting dari tahun-tahun sebelumnya. Ini lantaran semakin meningkatnya industri pariwisata di Lampung.

“Kami juga berterimakasi kepada Dinas Pariwisata provinsi Lampung yang secara konsisten mengajak teman-teman Muli-Mekhanai untuk terus melestarikan budaya dan turut mengembangkan pariwisata di Lampung,” tandasnya. (ega/kyd)


Baca Juga:   Dear Camat se-Tubaba, Siap-Siap Dapat Pelimpahan Wewenang Ini Dari Bupati


  • Bagikan