Minum Air dalam Jumlah Banyak Sekaligus, Apa Efeknya?

  • Bagikan

radarlampung.co.id – Saat puasa, banyak orang memilih meminum air dengan takaran banyak sekaligus untuk memenuhi cairan yang diperlukan oleh tubuh. Ternyata ini tidak dianjurkan karena lambung juga memiliki kapasitas volume (daya tampung) maksimal untuk sekali minum.

“Rata-rata volume lambung orang dewasa Kurang lebih sekitar 1.5 liter, maka dianjurkan untuk minum lebih sering dengan jumlah yang cukup, tidak melebihi volume lambung sehingga kejadian mual dan muntah dapat dihindari,” kata dr Alvin Wiharja, seorang residen dokter Program Studi Ilmu Kedokteran Olahraga (PS IKO)-Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia (FKUI).

Menurut dr Alvin, status hidrasi saat puasa identik dengan status hidrasi saat menjalankan latihan fisik. Tubuh cenderung akan dehidrasi, sehingga direkomendasikan untuk menggantikan cairan tubuh dengan perhitungan yang tepat.

Sementara itu, dr Saptawati Bardosono, SpGK dari RS Cipto Mangunkusumo menjelaskan bahwa saat puasa tubuh tetap butuh asupan cairan yang cukup. Ia menyarankan 2 gelas saat sahur, 1 gelas saat berbuka, 1 gelas saat salat maghrib, 1 gelas setelah makan malam, dan sisanya dipenuhi bertahap sepanjang malam.

“2000 ml dapat diperoleh dari 8 gelas air minum,” ujar dokter yang akrab disapa dr Tati tersebut. (dtc/ynk)




  • Bagikan