Miris! Ijazah Ridho Tersandera Rp5,5 Juta

  • Bagikan

radarlampung.co.id – Ridho (19) siswa Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Negeri 2 Metro akhirnya bisa bernafas lega. Ijazah siswa kurang mampu ini sebelumnya tersandera lantaran menunggak biaya sekolah sebesar Rp 5,5 juta. Namun pihak sekolah akhirnya memutuskan akan memberikan secara gratis.

Hal itu diputuskan setelah pihak sekolah mengadakan rapat bersama jajaran manajemen sekolah, Jumat (19/1).

Kepala SMKN 2 Metro Armina menjelaskan, pihaknya memang memutuskan akan memberikan secara gratis ijazah Ridho. Namun, keputusan tersebut harus disepakati juga oleh jajaran manajemen sekolah.

“Awalnya memang akan diberikan secara gratis. Karena itu kita minta orang tuanya hadir, lalu dirapatkan. Ya karena memang kita belum ambil kebijakan terkait hal tersebut,” ungkapnya, pada (19/1).

Baca Juga:   Kejari Lamsel Cek RSUD Bob Bazar, Tiga Obat Covid-19 Langka

Sebelumnya, ijazah salah seorang murid SMK Negeri 2 Metro tertahan akibat menunggak biaya sekolah sebesar Rp. 5,5 juta. Padahal Ridho siswa tersebut merupakan warga kurang mampu dan mendapat bantuan khusus miskin (BKM).

Husni, orang tua Ridho mengungkapkan, untuk mengambil ijazah tersebut dirinya diharuskan membayar lunas tunggakan tersebut. Untuk mengambil fotocooy ijazah pun, pihak sekolah meminta dirinya membayar 50 persen dari jumlah tunggakan.

“Ya begitu katanya. Kalau mau ambil fotocopy ijazahnya ya setidaknya ada cicilan. Padahal ijazah iti mau digunakan untuk melamar kerja,” jelas Husni. (rur/gus)




  • Bagikan