Tubaba  

Momentum HUT Tubaba ke-13 Tahun, Ini Harapan Tokoh-tokoh


RADARLAMPUNG.CO.ID – Masih dalam suasana memperingati HUT Tubaba ke-13, berbagai kalangan masyarakat menyampaikan ucapan selamat memperingati hari jadi Kabupaten Tubaba ke-13, terhitung sejak tahun 2009 hingga 2022. Adapun tema dalam rangka memperingati HUT Tubaba kali ini, Pemerintah Daerah setempat mengusung tema “Meneguhkan Langkah Menuju Tubaba”.

Salah seorang Tokoh Pemuda Tiyuh Gunung Katun Tanjungan, Juanda Hadi Saputra menyampaikan ucapan terimakasih atas kepemimpinan Bupati Tubaba Ir. Hi. Umar Ahmad, S.P. dan Wakil Bupati Tubaba, Fauzi Hasan, terhadap segala upayanya, telah memimpin Tubaba dan menjadikan sebuah daerah yang dikenal tidak hanya ditingkat Provinsi Lampung maupun Nasional, bahkan juga telah mendunia.





Menurutnya Juanda, Pembangunan Daerah Tubaba selama 13 Tahun ini tentunya mengalami perkembangan yang begitu pesat. “Sehingga hal ini telah menempatkan Kabupaten Tubaba sejajar dengan Kabupaten lainnya yang ada di Provinsi Lampung,” katanya.

Tidak hanya tokoh pemuda, ucapan selamat memperingati hari jadi Tubaba juga datang dari salah seorang tokoh masyarakat Tiyuh Gunung Katun Malay, Edi Pangeran Raja Tunggal, yang juga merupakan mantan Anggota Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) Negeri Panaragan, menyampaikan ucapan.

“Selamat atas perayaan HUT Tubaba yang ke-13. Saya sangat bersyukur dengan adanya transmigrasi sejak tahun 1973/1974, yang dalam hal ini telah bersama-sama bahu membahu dalam membangun wilayah Tubaba. Dengan demikian tentunya penyerahan tanah untuk transmigrasi pertama tahun 1955 seluas 10.000 Ha dan penyerahan kedua dilengkapi menjadi 30.000 Ha, benar-benar dapat bermanfaat guna mendukung pembangunan yang telah dicanangkan oleh Pemerintah mulai dari Pusat hingga daerah,” jelasnya.

Tidak hanya sampai di situ, pada tahun 1973 Negeri Panaragan diganti menjadi Negeri Tulang Bawang Udik, kembali menyerahkan tanah seluas 3.800 Ha untuk transmigrasi, sehingga total keseluruhan untuk transmigrasi menjadi 33.800 Ha. Oleh karenanya, kami sangat bersyukur saat ini tanah yang kami serahkan bisa bermanfaat untuk pembangunan Tubaba yang lebih maju lagi kedepannya. Untuk itu, saya berharap agar sebelas Tiyuh Lama yang ada ditubaba tidak tertinggal dalam semua hal. Dan kami sangat mengharapkan kedepan pembagunan¬† di daerah Tubaba ini bisa merata dan tidak hanya terpusat disatu tempat,” harapnya. (fei/ang)