Tuba  

MPP Tuba Jadi Percontohan Dua Provinsi


MPP Tulangbawang menerima kunjungan study tiru dari Kabupaten Lampung Tengah. Foto Diskominfo Tulangbawang
MPP Tulangbawang menerima kunjungan study tiru dari Kabupaten Lampung Tengah. Foto Diskominfo Tulangbawang

Radarlampung.co.id – Mal Pelayanan Publik (MPP) Kabupaten Tulangbawang (Tuba) menjadi tempat percontohan bagi beberapa daerah.

Bukan hanya daerah lokal di Lampung. Namun juga beberapa daerah dari Sumatera Selatan.





Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Tulangbawang Lusiana mengatakan, beberapa daerah telah berkunjung ke MPP Tulangbawang untuk melakukan study tiru.

Daerah-daerah tersebut melakukan kunjungan karena kedepan berencana akan membuat pusat pelayanan terintegrasi di satu tempat seperti MPP Tulangbawang.

“Beberapa daerah sudah pernah datang untuk melakukan kunjungan study tiru. Bukan hanya dari lokal Lampung, tapi juga ada yang dari Sumsel,” katanya, Rabu (26/1).

Daerah yang berasal dari Lampung seperti Kabupaten Lampung Tengah, Pringsewu, Mesuji, dan Kota Metro. Sementara yang berasal dari Sumsel adalah Kabupaten Prabumulih dan Ogan Komering Ilir (OKI).

Kabupaten Tulangbawang sendiri menjadi salah satu daerah yang menjadi pionir bagi pelayanan terintegrasi dalam satu gedung di Lampung.

MPP Tulangbawang yang terletak di komplek perkantoran tiuh tohou merupakan Mal Pelayanan Publik pertama di Lampung.

Mal Pelayanan Publik sendiri adalah sebuah konsep mengintegrasikan berbagai layanan kepada masyarakat dalam satu tempat sebagai bentuk peningkatan kualitas pelayanan publik secara berkelanjutan dalam upaya menyelenggarakan pelayanan publik yang cepat, mudah, terjangkau, aman, dan nyaman.

Disini masyarakat dalam mengurus berbagai bentuk perizinan mulai dari pengurusan Kartu Keluarga, KTP, Akte, berbagai jenis izin usaha, Izin Laborat, Permohonan Laik Hotel, BPHTB, Pajak Restoran, Pajak Reklame, Pajak Hiburan dan berbagai macam pelayanan lainnya di dalam satu lokasi.

Setidaknya, MPP Tulangbawang sendiri telah mengintegrasikan 135 layanan publik dari 16 instansi. Yakni, 11 OPD Tulangbawang dengan jumlah pelayanan publik sebanyak 99 jenis.

Di MPP Tulangbawang juga telah terisi pelayanan dari beberapa Instansi Vertikal yakni Polres Tulangbawang, Kejaksaan Negeri Tulangbawang, Pengadilan Agama Tulangbawang, Kemenag Tulangbawang, KP2KP Menggala, dan BPPOM dengan jumlah layanan sebanyak 36 jenis dan didukung oleh pelayanan perbankan dari Bank Lampung dan Bank Mandiri.

Jenis pelayanan di MPP Tulangbawang sendiri ada sekitar 41 layanan perizinan, 6 layanan akta, 30 layanan rekomendasi, 18 layanan surat keterangan dan 40 layanan lainnya. (nal/sur)