Mulai Diajarkan, Silabus Mulok Pendidikan Karakter Tubaba Akan Dilaunching

  • Bagikan

RADARLAMPUNG.CO.ID-Bertepatan dengan dimulainya Pembelajaran Tatap Muka (PTM) 100 persen yang direncanakan pada Oktober 2021 mendatang, Pemerintah Kabupaten Tulangbawang Barat (Tubaba) akan melaunching Silabus Muatan Lokal (Mulok) Pendidikan Karakter Tubaba.

Demikian itu disampaikan Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Tubaba Budiman Jaya, pada (17/9).


Budiman menjelaskan, Silabus Mulok tersebut saat ini sudah mulai diajarkan kepada peserta didik, hanya saja untuk launching masih menunggu waktu yang tepat.

“Silabus Mulok Pendidikan Karakter Tubaba dijadikan mata pelajaran khusus sebagai pelajaran Mulok khas daerah Tubaba yang telah mulai diajarkan kepada peserta didik sejak tahun ajaran baru 2021/2022 ini. Seluruh Kepala UPT baik tingkat Sekolah Paud, TK, SD, dan SMP, masing-masing menyediakan jam tambahan sebanyak 2 jam dalam seminggu khusus untuk Mata Pelajaran Mulok Tubaba ini,” katanya.

Baca Juga:   Forum Mantan Anggota Legislatif Dibentuk, Ini Komentar Ketua DPRD Tubaba

Menurutnya, Silabus Mulok Pendidikan Karakter Tubaba pada intinya terdapat empat komponen ajaran yang diberikan kepada peserta didik. Yakni Falsafah masyarakat Tubaba yang dikenal dengan prinsip Nemen, Nedes, Nerimo, Sederhana, Setara, Lestari (Nenemo SSL), Anti Korupsi, Pendidikan Berlalu Lintas, dan Pendidikan Karakter.

“Untuk Guru Pengampu, kita memberdayakan tenaga prndidik yang sudah ada dan memang membidangi muatan lokal. Sehingga, diharapkan melalui Silabus Mulok Pendidikan Karakter Tubaba ini maka generasi ke depan diharapkan dapat memiliki kepribadian lebih baik, guna menuju Kabupaten Tubaba yang berkarakter,” tutupnya. (fei/rnn/wdi)




  • Bagikan