Mulai Juni, Ambil Rastra di E-warong

  • Bagikan
YULIZAR
YULIZAR

radarlampung.co.id – Terhitung Juni mendatang, 40.710 penerima bantuan pangan non tunai (BPNT) di Pesawaran dapat mengambil beras sejahtera (rastra) dan telur di e-warong yang dibentuk pada masing-masing kecamatan.

“Saat ini sedang dilakukan verifikasi 109 titik e-warong yang tersebar pada 11 kecamatan,” kata Kepala Dinas Sosial Pesawaran Yulizar, Kamis (11/4).


Menurut dia, pembentukan e-warong dilaksanakan oleh petugas TKSK dan dikelola oleh masyarakat penerima manfaat. Satu e-warong mencapai 10 orang pengelola.

“Jumlah penerima rastra di Pesawaran mencapai 40.710 dan didalamnya terdapat  30.582 penerima PKH. Saat ini sedang verifikasi e-warong,” ujarnya.

Mekanisme pengambilan rastra, penerima manfaat akan mendapatkan kartu keluarga sejahtera (KKS) sebagai dasar bank menerbitkan kartu pencairan atau kartu edisi. Setiap e-warong terdapat mesin edisi yang akan digunakan untuk menggesek kartu tersebut.

”Setiap penerima manfaat akan menerima kartu edisi untuk digunakan belanja di e-warong sesuai kebutuhan. Jumlah BPNT mencapai Rp110 ribu per bulan per kepala keluarga,” urainya.

Yulizar melanjutkan, Kementerian Sosial nanti akan menerbitkan 40.710 kartu edisi sesuai by name by adress penerima manfaat. Masing-masing sudah ditentukan e-warong yang dapat memfasilitasi pengambilan bantuan nontunai tersebut melalui kartu edisi sesuai kebutuhan mereka. (ozi/ais)

 





Baca Selengkapnya...





  • Bagikan