Mulai Vaksinasi Booster, Pemkab Tuba Dijatah Pfizer

  • Bagikan
Bupati Tulangbawang Winarti bersama Dirut PT Pusri Palembang Tri Wahyudi Saleh meninjau pelaksanaan vaksinasi. Foto M. Zainal Arifin/Radarlampung.co.id
Bupati Tulangbawang Winarti bersama Dirut PT Pusri Palembang Tri Wahyudi Saleh meninjau pelaksanaan vaksinasi. Foto M. Zainal Arifin/Radarlampung.co.id

Radarlampung.co.id – Pemkab Tulangbawang (Tuba) mulai melaksanakan vaksinasi tahap ketiga atau vaksin booster bagi warga masyarakat.

Dalam pelaksanaan vaksinasi booster, Pemkab Tulangbawang mendapatkan jatah vaksin Pfizer dari Kementerian Kesehatan.



Vaksin dosis ketiga sendiri dikhususkan untuk warga yang sudah di suntik vaksin dosis kedua.

Kepala Dinas Kesehatan Tulangbawang Fatoni menjelaskan, vaksinasi booster telah dimulai beberapa waktu lalu.

Untuk mendapatkan vaksin ketiga, warga masyarakat bisa mendatangi Puskesmas terdekat.

Baca Juga:   Tingkatkan PAD, Dua Kabupaten Jalin Kerjasama Pelayanan Uji Kendaraan

“Sesuai intruksi Presiden, vaksin booster atau dosis ketiga ini gratis. Saat ini prioritas kita adalah para lansia,” katanya, Kamis (13/1).

Sementara itu, berdasarkan data Dinas Kesehatan total wajib vaksin warga Tulangbawang sebanyak 312.547 jiwa. Jumlah tersebut dimulai dari anak usia 12 tahun, sampai warga yang sudah lanjut usia (lansia). Sementara, sasaran vaksin dosis ketiga untuk tenaga kesehatan sebanyak 1.740 orang.

Sampai dengan tanggal 12 Januari 2022, capaian vaksin dosis pertama di Tulangbawang sebanyak 282.009 orang atau telah 90,23 persen. Untuk vaksin dosis kedua sebanyak 163.338 orang atau 52,26 persen.

Baca Juga:   Dukung Percepatan Vaksinasi Dengan Gerai Vaksin Hingga Door to Door

Untuk dosis ketiga khusus nakes sebanyak 1.266 orang telah menerima vaksin. Sehingga total capaian vaksinasi Kabupaten Tulangbawang sebanyak 446.613 jiwa.

Untuk mencapai target 100 persen, Pemkab Tulangbawang saat ini masih membutuhkan 178.481 dosis vaksin.

Fatoni yang juga juru bicara satgas penanganan COVID-19 Tulangbawang menjelaskan, sata ini pemerintah daerah bersama TNI-Polri terus berupaya mempercepat pemberian vaksinasi COVID-19 kepada warga yang belum sama sekali menerima vaksin.

Baca Juga:   Dukung Percepatan Vaksinasi Dengan Gerai Vaksin Hingga Door to Door

Disamping itu, Pemkab Tulangbawang juga telah membentuk tim percepatan vaksinasi yang terdiri dari gabungan beberapa organisasi perangkat daerah (OPD).

Pemerintah daerah bersama TNI-Polri juga telah menjalankan program door to door untuk warga yang belum divaksin.

Fatoni berharap program-program yang dilakukan pemerintah daerah, bersama TNI-Polri dan instansi terkait lainnya dapat berjalan lancar. (nal/sur)






  • Bagikan