Mundur Dari PKH, Bukti Keberhasilan Program Pengentasan Kemiskinan

  • Bagikan
PAROSIL MABSUS
PAROSIL MABSUS

radarlampung.co.id – Bupati Lampung Barat Parosil Mabsus mengapresiasi keputusan 19 warga yang mundur dari kepesertaan Program Keluarga Harapan (PKH) dan memilih tidak menerima bantuan lagi. Ini membuktikan program bantuan sosial Kementerian Sosial (Kemensos) tersebut telah berhasil mengentaskan kemiskinan, khususnya di Lampung Barat.

”Saya bangga, masyarakat sudah memiliki kesadaran yang tinggi. Ini penting untuk mendukung program pemerintah. Terbukti, mereka keluar dari katagori masyarakat tidak mampu,” kata Parosil Mabsus, Rabu (20/3).


Pakcik–sapaan Parosil Mabsus juga mengharapkan, 19 warga tersebut diharapkan menjadi contoh bagi peserta PKH lainnya. Mereka yang sudah mampu secara ekonomi untuk mundur dari kepesertaan.

“Mereka langsung berkoordinasi dengan pendamping untuk menyatakan keberhasilan dari PKH. Semoga ke depan ada lagi yang berani menyampaikan hal sama terkait keberhasilan program tersebut,” tegasnya.

Diketahui, merasa tidak layak lagi menerima bantuan, 19 peserta PKH di Lampung Barat mengundurkan diri dari kepesertaan. Alasannya, kehidupan ekonomi keluarga mulai meningkat.

Koordinator Kabupaten (Korkab) PKH Lampung Barat Arsyah mengatakan, peserta PKH yang mundur secara sukarela (graduasi mandiri) sudah merasa mampu secara ekonomi. ”Karena merasa sudah cukup mampu, mereka malu jika terus menerus tergantung dengan bantuan dari program pemerintah,” kata Arsyah, Selasa (19/3).

Arsyah meneruskan, secara bertahap dan berkelanjutan, pendamping PKH memberikan edukasi serta pemahaman kepada masyarakat, khususnya penerima bantuan agar mengundurkan diri dari kepesertaan jika sudah mampu secara ekonomi. (nop/ais)

 

 




  • Bagikan