Musda Partai Demokrat Lampung Diperkirakan September, Ridho Berpeluang Tiga Periode ?

  • Bagikan
Julian Manaf. Foto ist

RADARLAMPUNG.CO.ID- Peluang M.Ridho Ficardo untuk melanjutkan trah kepemimpinannya sebagai Ketua DPD I Partai Demokrat Lampung belum tertutup. Sebab, dari aturan partai masih memungkinkan petahana maju kembali sebagai pucuk pimpinan partai di daerah meski sudah menjabat dua periode. Hal tersebut diungkapkan Plt. Sekretaris DPD Partai Demokrat Lampung Julian Manaf, saat dihubungi, Rabu (18/8) malam.

Dijelaskan memang SK kepengurusan saat ini tertulis hingga Minggu (15/8). Namun, kata Julian ada klausul lain yang menyebutkan di SK tersebut bahwa kepengurusan baru dianggap berakhir, ketika dilaksanakan Musda. “Di SK tahun 2016 itu, di poin memutuskan, di klausul ketiga, dijelaskan masa kepengurusan DPD, sampai dengan musyawarah daerah,” jelasnya.


Dia melanjutkan, hingga kini pihaknya hanya tinggal menunggu waktu sesuai arahan dari DPP terkait pelaksanaan Musda. “Tinggal menunggu kesiapan Lampung. Tapi, sebenarnya sudah siap. Hanya saja ada berbagai pertimbangan. Juga menunggu penyesuaian waktu pak Ridho (M.Ridho Ficardo, Ketua DPD PD Lampung),” kata dia.

Baca Juga:   Tanggapi Adanya Pertemuan Elit Partai, Sekretaris Partai Demokrat Lampung Nilai Wajar

Julian bilang Peraturan Organisasi (PO) dari DPP sudah keluar. Dimana, masa jabatan tetap dibatasa dalam satu periode lima tahun. Namun, jabatan Ketua tidak dibatasi dengan orang yang sama meski lebih dari dua periode. “Jadi ada kemungkinan pak Ridho juga maju kembali. Di luar kader juga berhak maju. Tapi syaratnya jadi kader dulu, ada ketentuan syarat minimal dokumen suaranya nanti,” jelasnya.

Sejauh ini, kata dia belum ada pihak yang resmi mendeklarasikan bakal maju sebagai calon Ketua DPD. Namun ada beberapa nama yang sepengetahuannya sudah melakukan gerakan-gerakan. “Setahu saya sih ada yang sudah galang-galang suara. Seperti Edi Irawan. Kalau komunikasi dengan DPD ya tidak. Kan bisa langsung ke DPP atau pemilik suara dia. Pemilik suara ada 18, dari DPC, DPD, DPP, dan sayap partai. Nama yang lain juga paling M.Yusuf Kohar. Lainnya sih saya belum dengar,” jelasnya.

Baca Juga:   Tanggapi Adanya Pertemuan Elit Partai, Sekretaris Partai Demokrat Lampung Nilai Wajar

Terkait kejelasan pelaksanaan Musda, dia bilang, dalam satu atau dua bulan ini akan mendapat kepastian dari DPP. “Ya enggak lama lagi lah. Agustus atau September mungkin. Berharap itu lancar agar bisa mengejar agenda yang lain,” katanya. (abd/wdi)




  • Bagikan