Musim Penghujan Tiba, Polisi/TNI dan BPBD Siaga !

  • Bagikan
Satgas bencana alam, saat melakukan pengecekan debit air berada di sejumlah sungai di Lampura. Foto Humas Polres Lampura For Radarlampung.co.id

RADARLAMPUNG.CO.ID – Kapolres Lampung Utara (Lampura) AKBP Kurniawan Ismail, bersama Dinas BPBD setempat, meninjau langsung titik-titik rawan banjir di seputaran kota Kotabumi.

Kapolres Lampura, AKBP Ismail Kurniawan menuturkan, Pihaknya bersama dengan jajaran dan dinas terkait mengecek secara langsung spot mana saja yang berpotensi terjadi bencana alam sehingga dengan pemetaan tersebut jika sewaktu-waktu terjadi bencana alam banjir bisa segera dievakuasi ke tempat yang lebih aman.


“Kita juga periksa saluran kali yang saat terjadi hujan deras kerap meluap sampai pemukiman penduduk. Hal ini perlu dilakukan agar kita bisa antisipasi sejak dini dan bisa dilakukan upacaya-upaya pencegahan seperti pengerukan ataupun membersihkan saluran air agar tidak tersumbat.” kata Kapolres, Minggu (31/10).

Baca Juga:   Kantor Lenggang, Kadis PUPR Dikabarkan Cuti Dua Pekan

Selain itu, guna menghadapi musim penghujan ini, pihaknya telah menyiagakan Satgas Bencana dan membentuk posko bencana.

“Ini bentuk kesiapsiagaan kita bersama, bersinergi, TNI-Polri, Forkopimda dan tentunya instansi terkait menghadapi potensi bencana alam,” ujar AKBP Kurniawan.

Sementara Kepala BPBD Lampura, Nozi Efialis mengatakan, curah hujan tinggi akhir-akhir ini, membuat debit air di sungai meninggi. Untuk itu, pihaknya telah melakukan upaya mengantisipasi adanya banjir bandang.

Sebab, kata dia, wilayah di Kabupaten Lampura, yang berpotensi terkena banjir bandang, berada di sejumlah kecamatan.
Seperti di Kecamatan Kotabumi Selatan, Kotabumi Kota, Kotabumi Utara, Abung Timur dan Abung Surakarta.

“Mulai dari rumah warga, lahan perkebunan, dan kolam ikan milik petani, tiap tahunnya selalu merugi. Hal itu, dikarenakan adanya banjir bandang, yang selalu melanda Lampura ini, khususnya wilayah berada di bantaran sungai,” kata dia.

Baca Juga:   Peringati HUT PGRI dan Hari Guru, Ini Kata Bupati Budi Utomo

Untuk itu, kepada masyarakat dirinya menghimbau agar memberi informasi kepada kepada satgas, jika wilayahnya terendam banjir bandang, mengingat musim penghujan saat ini mulai tinggi.

“Kita memiliki tim reaksi cepat (TRC) yang telah lama kita bentuk dan juga terlatih. Tim ini, bertugas berjaga-jaga 1×24 jam, secara bergantian,” tegasnya (ozy/wdi)





Baca Selengkapnya...





  • Bagikan