Mutu Pendidikan Lampung Masih Rendah

  • Bagikan
Ketua BAN-SM Lampung Prof. Dr. H. Karwono. Foto Aprohan Saputra/radarlampung.co.id

radarlampung.co.id – Hasil akreditasi Sekolah/Madrasah yang dilakukan Badan Akreditasi Nasionanl Sekolah/Madrasah (BAN-SM) menyebutkan, mutu pendidik dan tenaga pendidikan (PTK), serta Sarana Prasarana (Sarpras) di Lampung masih rendah.

Hal tersebut diungkapkan Ketua BAN-SM Lampung Prof. Dr. H. Karwono kepada radarlampung.co.id, Kamis (17/1). Menurutnya, hasil laporan akreditasi tahun 2018 menunjukkan, sebanyak 1.902 sekolah yang diakreditasi, rata-rata nilai standar PTK dan Sarpras terendah dari 6 standar nasional pendidikan lainnya.

“Lemahnya dua standar itu terjadi di masing-masing jenjang pendidikan, baik SD/MI, SMP/MTs, SMA/SMK/MA,” kata Karwono saat ditemui di kantornya.

Untuk itu, dia berharap agar peningkatan status akreditasi agar tercapainya mutu pendidikan di Lampung. Di mana, peningkatan PTK dapat dilakukan melalui pemenuhan kualifikasi, sertifikasi, latar belakang pendidikan, kompetensi, serta rasio tenaga pendidik, kepala sekolah, tenaga administrasi, pustakawan serta laboran.

Baca Juga:   UTI Perguruan Tinggi Swasta Terbaik Se-Sumbagsel

“Sedangkan untuk meningkatkan Sarpras, pihak pengelola satuan pendidikan dan dinas terkait memprioritaskan pada pemenuhan indikator lahan satuan pendidikan, bangunan, ruang kerja, ruang kelas, dan persyaratan standar yang telah ditetapkan,” tandasnya. (apr/kyd)




  • Bagikan