Nakes Mulai Terima Penyuntikan Vaksinasi Dosis III

  • Bagikan
ILUSTRASI/FOTO DOKUMEN RADARLAMPUNG.CO.ID

RADARLAMPUNG.CO.ID – Vaksinasi Covid-19 dosis ke-tiga bagi tenaga kesehatan (nakes) di Lampung mulai berjalan. Tercatat hingga Minggu (15/8) sudah ada 714 nakes yang menerima vaksinasi.

Data itu diperoleh dari informasi monitoring vaksinasi Covid-19 di Lampung yang dikeluarkan Dinas Kesehatan (Dinkes) Lampung. Namun, penyuntikan vaksin dengan jenis vaksin Moderna itu baru sekitar 2,01% dari total Nakes yang tercatat sebagai target penerima vaksin.


Seperti diketahui, target awal vaksinasi khusus nakes sendiri berdasarkan data Dinkes Lampung berjumlah 35.601 orang. Namun, total penerima vaksin dosis pertama mencapai 103,22% atau berjumlah 36.746 orang. Sementara penerima dosis vaksin ke-dua baru 96,33% atau berjumlah 34.294 orang.

Maka vaksin yang dibutuhkan bagi nakes di Lampung masih berkisar 35 ribu vaksin. Untuk mendukung nakes sebagai garda terdepan penanganan Covid-19 bagi pasien baik yang dirawat dirumah sakit maupun yang sedang isolasi mandiri, serta nakes lainnya.

Sementara total vaksinasi yang telah berjalan, saat ini dari target vaksinasi ada 6.658.951 orang, yang sudah tervaksinasi dosis pertama ada 686.733 orang atau 10,33%. Sementara vaksinasi dosis ke dua ada 467.915 orang atau 7,04%. Dan dosis ke tiga baru 2,01%.

Baca Juga:   Bank Dunia Puji Capaian Vaksinasi di Indonesia

Diberitakan sebelumnya, Lampung kembali menerima dosis vaksin mulai Juli hingga awal Agustus ini. Secara total vaksin yang akan diterima sebanyak 1 juta dosis, namun akan dikirimkan bertahap.

Vaksin yang datang juga tidak hanya vaksin untuk masyarakat umum, vaksinasi dosis ke tiga untuk tenaga kesehatan (nakes) dengan Vaksin Moderna juga sudah mulai masuk ke Lampung. Hal ini disampaikan Kepala Dinkes Lampung Reihana usai menghadiri Paripurna di DPRD Lampung, Selasa (3/8).

“Kami sudah menerima vaksin selanjutnya, jumlahnya hampir 1 juta dosis lagi. Peruntukan sudah kami alokasikan ke kabupaten/kota sesuai dengan yang diarahkan Kemenkes,” beber Reihana.

Menurutnya, vaksinasi untuk nakes juga sudah didistribusikan. “Untuk Nakes juga, berupa vaksin Moderna sudah dapat dan sudah kami distribusikan ke kabupaten/kota sesuai peruntukannya untuk nakes,” lanjut Reihana.

Sementara berdasarkan data yang diterima Radar Lampung, vaksin yang datang ke Lampung pada akhir Juli dan awal Agustus berupa vaksin Astrazeneca dan Sinovac. Di mana pada bulan Juli yang datang sebanyak 4.600 vial atau 46.000 dosis. Alokasinya untuk Dinkes sebanyak 1.840 vial, TNI sebanyak 1.380 vial, Polri sebanyak 1.380 vial.

Selanjutnya pada Agustus ini, kembali datang sebanyak 12.260 vial atau 122.600 dosis. Alokasinya untuk Dinkes sebanyak 6.130 vial, TNI sebanyak 3.065 vial, Polri sebanyak 3.065 vial. Sementara vaksin merk Moderna untuknakes sebanyak 2.430 vial masing-masing 14 dosis, sehingga total ada 34.020 dosis. Untuk alokasinya Dinkes sebanyak 2.420 vial atau 33.880 dosis, Kantor Kesehatan Pelabuhan sebanyak 10 vial atau 140 dosis.

Baca Juga:   Lampung Juara Umum Teknologi Tepat Guna Nasional, Mendes PDT Serahkan Penghargaan kepada Gubernur

Reihana mengatakan, vaksin yang datang ke Lampung sudah mulai lancar. Untuk itu dirinya berharap vaksinasi di Lampung bisa berjalan maksimal.

Sementara Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto menyebutkan, Lampung menjadi salah satu provinsi target vaksinasi kedepannya. Airlangga mengatakan Lampung memang berada di bawah angka rata-rata nasional. Maka Pemerintah Pusat bakal kembali mendatangkan 1,5 juta vaksin untuk Lampung.

Selain itu, fasilitas oksigen juga ada yang berbasis CSR, dan dari pusat mengirim sesuai rencana tambahan 406 oksigen konsentrat kepada 15 kabupaten/kota dan 17 rumah sakit.

“Tentu vaksinais secara nasional 22% tentu beberapa daerah setara nasional akan kita dorong, kita ketahui bersama sampai juli vaksinasi 90 juta vaksin, Agustus 30 juta. Sehingga Agustus ini akan lebih banyak divaksin di Lampung,” tandasnya. (rma/sur)




  • Bagikan