Napi Lapas Kotaagung Jadi Buruan Disdukcapil

  • Bagikan
Proses perekaman e-KTP yang dilakukan Disdukcapil Tanggamus di Lapas Kelas IIB Kotaagung, Kamis (17/1). FOTO DOKUMENTASI LAPAS KELAS IIB KOTAAGUNG  
Proses perekaman e-KTP yang dilakukan Disdukcapil Tanggamus di Lapas Kelas IIB Kotaagung, Kamis (17/1). FOTO DOKUMENTASI LAPAS KELAS IIB KOTAAGUNG  

radarlampung.co.id – Tim Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Tanggamus mendatangi Lapas Kelas IIB Kotaagung, di Pekon Waygelang Kecamatan Kotaagung Barat, Kamis (17/1). Mereka melakukan perekaman terhadap narapidana (napi) yang berdomisili di kabupaten itu.

Kepala Disdukcapil Tanggamus Syarif Husin mengatakan, perekaman data di Lapas Kelas IIB Kotaagung menindaklanjuti kerjasama antara Dirjen Dukcapil Kemendagri dengan Dirjen Pemasyarakatan Kementerian Hukum dan HAM RI.

“Ini merupakan instruksi dari Dirjen Dukcapil dan dilakukan serentak se-Indonesia pada 17 April. Seluruh petugas Disdukcapil turun ke Lapas untuk melakukan perekaman,” kata Syarif dikonfirmasi melalui ponselnya, Kamis siang (17/1).

Dari 87 warga Tanggamus yang sedang menjalani hukuman di Lapas Kotaagung, 10 di antaranya melakukan perekaman. Sisanya sudah memiliki KTP. ”Kita turunkan lima orang ke Lapas dengan membawa peralatan perekaman. Proses perekaman berlangsung lancar,” sebut dia.

Syarif melanjutkan, saat ini pihaknya hanya melakukan perekaman. Sementara pencetakan menunggu blangko e-KTP. ”Blangko kita lagi kosong. Jadi, hanya perekaman saja. Nanti, Senin kita baru ke Jakarta untuk minta blangko,” kata dia.

Dilanjutkan, hingga pertengahan Januari, perekaman sudah mencapai 90 persen dari jumlah wajib KTP. ”Upaya kami sudah maksimal dalam melakukan perekaman. Bahkan saya nilai sudah 100 persen. Sebab 10 persen sisanya itu, kemungkinan data ganda dan ada yang meninggal dunia namun tidak lapor ke Ddisdukcapil. Ini dibuktikan saat kami turun ke lapangan. Ternyata masih ada data di database penduduk yang sudah meninggal dunia dan pindah dari Tanggamus,” urainya.

Sementara Kepala Lapas Kelas IIB Kotaagung Sohibur Rachman mengatakan, perekaman e-KTP tersebut merupakan salah satu upaya pemenuhan hak politik narapidana untuk memberikan suara pada Pilpres dan Pileg April mendatang.

“Kami terus berkordinasi dengan Disdukcapil di wilayah Lampung. Jadi, meskipun terkurung, mereka tetap memiliki hak memberikan suara,” tegasnya.

Selain Disdukcapil Tanggamus, dijadwalkan Didukcapil Pringsewu juga akan melakukan hal sama. Perekaman dilakukan selama tiga hari sejah hari ini. (ral/ehl/ais)

 




  • Bagikan