NasDem Lampung Tembuskan Bantuan ke Pulau Sebesi

  • Bagikan

RADARLAMPUNG.CO.ID – Bantuan mulai mengalir untuk warga Pulau Sebesi yang sempat terisolir. Senin (24/12) kemarin warga setempat mendapatkan bantuan logistik dan kesehatan dari Tim Rescue Partai NasDem yang dipimpin H. Warsito.

Anggota rombongan berjumlah lima orang dengan tiga di antaranya adalah tim tenaga medis yang berhasil mencapai ke Pulau Sebesi kurang lebih pukul 15.00 WIB. Kedatangan tim disambut antusias warga yang memang sudah kekurangan bahan makanan dan menanti bantuan.


Tim ini merupakan tim yang paling pertama berhasil menyeberang ke Pulau Sebesi. Sesampainya di Pulau Sebesi pimpinan tim, H. Warsito, langsung memberikan bantuan dan tim medis segera menggelar layanan kesehatan.

“Kami tiba di Pulau Sebesi ini sebagai pelaksanaan dari instruksi Ketua DPW Partai NasDem Lampung, Taufik Basari, yang memerintahkan kami segera membantu dan membuka daerah-daerah terpencil dan terisolir yang terkena dampak bencana,” ucap Warsito.

Baca Juga:   Gagalkan Penyelundupan 6.075 Ekor Burung, KSKP Bakauheni Raih Penghargaan

Sebelumnya, pada Minggu (23/12) pagi Ketua Partai NasDem Lampung Taufik Basari telah memberikan instruksi kepada pengurus dan kader untuk membuka posko tanggap darurat dan memfokuskannya ke daerah-daerah sulit terjangkau. Kemarin Taufik Basari juga sempat mengecek beberapa lokasi terdampak dan tempat pengungsian di Kalianda dan Rajabasa.

Pulau Sebesi adalah pulau berpenghuni terdekat dari Anak Krakatau. Sejak kemarin dikabarkan sangat membutuhkan bantuan namun sulit sampai karena ombak yang masih tinggi.

Ditambahkan Warsito, pihaknya menyeberang menggunakan kapal BKSDA. “Meskipun ombak masih besar tapi akhirnya kami bisa sampai ke sana. Berdasarkan penuturan warga ada sekitar 70 rumah rusak diterjang tsunami dan 20 warga yang luka-luka dan harus dibawa ke rumah sakit,” jelasnya. Warsito pun memilih bertahan sementara waktu di Pulau Sebesi guna menyambut kedatangan tim dari kepolisian.

Baca Juga:   Tekab 308 Polres Tanggamus Bergerak, Tangkap Dua Tersangka dan Sita 14 Motor

Sementara, Taufik Basari menjelaskan, Tim Rescue Partai NasDem akan terus bergerak menelusuri daerah-daerah terdampak yang terpencil dan belum mendapatkan bantuan yang layak. Hari ini (25/12) rencananya Tim Rescue NasDem Kabupaten Pesawaran juga akan menyeberang ke Pulau Legundi dipimpin oleh Hanafiah, Ketua NasDem Kecamatan Punduh Pidada. Namun sebelumnya tim tetap akan berkoordinasi dengan aparat dan instansi terkait mengingat cuaca dan ombak yang juga masih belum baik. (rls/sur) 




  • Bagikan