Nekat Balap Liar di Bulan Ramadan ? Siap-Siap Saja Kendaraan Dikandangkan Polisi

  • Bagikan
Puluhan unit kendaraan bermotor dan mobil diamankan satlantas Polresta Bandarlampung akibat balap liar di bulan suci ramadhan, di Polresta Bandarlampung, Jumat (16/4). Foto M. Tegar Mujahid/ Radarlampung.co.id

RADARLAMPUNG.CO.ID – Satuan Lalu Lintas (Satlantas) Polresta Bandarlampung mengamankan puluhan unit kendaraan bermotor dan mobil, yang terlibat balap liar di bulan suci Ramadan.

Kasatlantas Polresta Bandarlampung AKP Rafly menjelaskan, diamankannya puluhan unit kendaraan ini berdasarkan laporan dari masyarakat. Yang masuk ke aduan Satlantas Polresta Bandarlampung melalui pesan WhatsApp.

“Maka dari itu kami mengamankannya secara prepentif. Yang dimana kami juga sudah merencanakan perihal mengamankan aksi yang sering terjadi di bulan suci Ramadan. Mengenai kenakalan remaja berupa balapan liar,” katanya, Jumat (16/4).

Lanjutnya, maka dari itu pihaknya melakukan razia tersebut di beberapa titik-titik, yang sering dilakukan tempat balap liar. Terutama di Jl. Raden Imba Kesuma. “Kami melakukan tindakan respresif terukur dan terstruktur terhadap remaja yang melakukan pelanggaran,” kata dia.

Baca Juga:   Ini Tampilan Terbaru Sungai di Kalibalau Kencana

Dalam kegiatan ini, pihaknya berhasil mengamankan 30 unit kendaraan. Yang terdiri dari 29 unit motor dan 1 unit mobil. “Tentunya kendaraan-kendaraan yang diamankan ini melanggar pasal 285 UU Lalu Lintas 22 tahun 2009. Dan Pasal 297 yang kita prediksi akan melakukan balapan liar,” jelas dia.

Untuk itu, pihaknya pun berpesan kepada para remaja khususnya di Kota Bandarlampung, agar tidak lagi melakukan pelanggaran-pelanggaran lalu lintas. Terutama mengadakan balap liar.

“Memang para remaja ini kita lihat kondisi di Bulan Ramadan seperti ini banyak waktu luang. Karena kita lihat mayoritas libur, oleh karena itu kita enggak main-main apalagi kita sedang melakukan operasi keselamatan. Otomatis keselamatan masyarakat kita utamakan,” ucapnya.

Baca Juga:   Operasi Ketupat Krakatau 2021 di Lampung, Belasan Kendaraan Pemudik Diputar Balik

“Setidaknya kami pastikan tidak akan ada lagi balap liar di titik-titik yang sudah menjadi kebiasaan. Kami juga akan upayakan tiap hari untuk mencegah kegiatan ini,” lanjutnya.

Rafli pun menambahkan, oleh karena itu menjelang puasa ini pihaknya juga sudah melakukan pengamanan. Mulai dari kegiatan sunmori yang sering dilakukan di Jl. Sultan Agung tepatnya di Transmart.

“Kami pastikan juga malam Minggu akan lebih besar lagi gabungan dengan Polresta. Dan ini juga merupakan atensi juga dari bapak Kapolresta perihal balapan liar yang melanggar Kambtibmas. Pun menganggu kenyamanan masyarakat yang sedang melaksanakan ibadah puasa,” ungkap dia.

Ditanya apakah dari kendaraan yang diamankan itu ada yang bodong atau tak ada surat, Rafly pun menjelaskan apabila ada sebagian. “Ya untuk kendaraan kita sudah identifikasi. Ada beberapa yang tidak ada STNK. Untuk selanjutnya kita akan melakukan cek fisik apakah teregistrasi secara RI Lampung dan nasional. Termasuk nanti didalam gudang kita akan melaksanakan ekspose selama pelaksanaan bulan suci ini. Juga kita akan eskspose berapa unit kendaraan bodong,” pungkasnya. (ang/wdi)





  • Bagikan