Niat dan Motif Alfin Menusuk Syech Ali Jaber

  • Bagikan
Suasana sidang lanjutan terdakwa Alfin Andrian penusuk Syech Ali Jaber yang berlangsung secara virtual di pengadilan negeri kelas 1 A Tanjungkarang, Bandarlampung, Kamis (4/2). Foto M. Tegar Mujahid/ Radarlampung.co.id

radarlampung.co.id – Alfin Andrian–penusuk Syech Ali Jaber– kembali mengikuti persidangan di ruang Resmob Polresta Bandarlampung, Kamis (4/2). Kali ini, persidangan mengagendakan keterangan dari terdakwa.

Kuasa hukum Alfin: Hi. Ardiansyah, saat ditemui usai persidangan mengatakan, dalam persidangan tersebut baik Majelis Hakim maupun Jaksa Penuntut Umum (JPU) telah mendengarkan keterangan dari terdakwa.


“Pada sidang ini baik Majelis Hakim maupun JPU telah mengorek apa yang menjadi niat dan motif yang dilakukan saudara alfin,” ujar Bang Aca –sapaan akrab Hi. Ardiansyah.

Dalam keterangannya, sambung dia, Alfin mengaku tidak berniat untuk membunuh, melainkan hanya ingin melukai. Niat ini, karena terdakwa tidak menyukai orang-orang dari Timur Tengah.

Baca Juga:   Kabur Dari Tanggamus, Pencabul Enam ABG Ditangkap di Jawa Barat

“Jadi sebenarnya bukan pada Syech-nya, tapi hanya pada Timur Tengah saja. Ini karena terpengaruh oleh tayangan-tayangan yang disajikan ISIS itu. Itu yang dikatakan Alfin,” terangnya.

Selanjutnya, masih kata dia, sidang akan kembali dilakukan minggu depan. Tepatnya pada 11 Februari 2021, dengan mengagendakan pembacaan tuntutan.

Terkait hal ini, bang Aca juga mengaku, pihaknya sejak awal mempersiapkan beberapa hal. Termasuk sejumlah fakta-fakta yang telah diungkap dalam persidangan, Agar Alfin tidak dikenakan pasal pembunuhan.

Bahkan, pihaknya juga berusaha meyakinkan Majelis Halim, terkait masalah kejiwaan yang diidap Alfin. “Tapi hakim sudah mengatakan bahwa tidak diperlukan adanya observasi lebih lanjut terkait kejiwaan Alfin,” tambahnya.

Itu, sambung dia, lantaran menurut Majelis Hakim, hanya ahli yang mampu menentukan masalah kejiwaan Alfin tersebit. “Tapi dengan bukti yang kami bawa memang sebenarnya sudah menunjukan itu (masalah kejiwaan Alfin, red),” tandasnya.

Baca Juga:   Honda Laksanakan Webinar Berkendara Aman Bersama Radar Lampung

Pihaknya juga berharap agar perkara sidang Alfin dapat segera selesai. “Kita berharap mudah-mudahan bisa selesai. Walau mungkin tidak seperti yang direncanakan, karena memang menyusun dakwaan dan tuntutan itu tidak mudah,” pungkasnya. (Ega/yud)




  • Bagikan