Nisa Berawi Pimpin PAIFORI Lampung

  • Bagikan
Pelantikan kepengurusan PAIFORI Lampung via zoom. Foto Tangkapan Layar 

RADARLAMPUNG.CO.ID – Perhimpunan Ahli Ilmu Faal Olahraga Indonesia (PAIFORI) Lampung resmi dikukuhkan. Khairun Nisa Berawi dipercaya sebagai ketua periode 2021-2025. Ia didampingi Budi Setiadi sebagai Sekretaris dan Kusbani selaku Bendahara.

Kepengurusan PAIFORI Lampung dikukuhkan melalui pelantikan via virtual dengan aplikasi Zoom. Pelantikan dipimpin Ketua Umum PAIFORI Pusat, Ambrosius Purba, Kamis (17/6). Turut hadir melalui virtual, Ketum KONI Lampung Yusuf Barusman, Kadispora, Hannibal yang mewakili Gubernur Lampung dan jajaran pengurus PAIFORI Pusat dan Lampung.

Selain pelantikan PAIFORI juga mengadakan workshop dan sertifikasi AIFO (Ahli Ilmu Faal Olahraga).

Ambrosius menjelaskan, secara umum ada tugas pokok PAIFORI. Pertama mencegah menurunkan stunting kemudian mencegah penyakit jantung dan diabetes. Serta ketiga melatih sport science.

Sebagai gambaran, katanya, dahulu para atlet berkeyakinan over training hingga mengalami muntah adalah hal yang justru bagus. Namun, ujarnya, hal itu justru salah. “Dahulu kita kalau latihan sampai muntah baru bagus. Ternyata latihan over training itu justru bisa menyebabkan kematian dan cidera, contohnya baru-baru ini seperti yang dialami Markis Kido,” ujarnya.

Ambrosius meminta kepada para pengurus menegaskan bahwa setelah dilantik ini, pengurus PAIFORI Lampung diharapkan segera bekerja sesuai tupoksinya.

Kadispora Hannibal yang mewakili Gubernur mengatakan Pemprov Lampung mendukung dan menyambut baik organisasi yang terdiri dari para dokter olahraga itu. Ia berharap pengurus PAIFORI Lampung bisa mengembalikan kejayaan olahraga Lampung.

“Pemprov Lampung berharap di bawah kepimpinan Khairunissa bisa mengemban amanah dan dapat berperan aktif membangun teknologi olahraga Lampung dan bisa meningkatkan prestasi olahraga Lampung” tandasnya.

Sedangkan Ketum KONI Lampung Yusuf Barusman menegaskan, KONI Lampung menyambut baik kehadiran kepengurusan PAIFORI Lampung, sehingga memungkinkan untuk dapat bekerjasama, khususnya dalam bidang sport science. Sebab olahraga saat ini harus menggunakan sport science sehingga bisa meningkatkan prestasi.

Kehadiran PAIFORI, kata dia, akan melengkapi program-program dengan ilmu faalnya, sehingga ke depan memungkinkan para atlet Lampung mendapatkan peningkatan kemampuan dan prestasi yang lebih baik.

Ketua PAIFORI Lampung Khairun Nisa Berawi menyatakan kesiapannya untuk menjalankan tugas organisasi dan bersinergi dengan berbagai pihak untuk meningkatkan kinerja organisasi.

Diketahui, Ilmu Faal merupakan Ilmu yang mempelajari Faal atau fungsi bagian dari alat atau jaringan tubuh. Psikologi faal adalah suatu ilmu yang mempelajari mekanisme tubuh manusia dan kaitannya dengan perilaku manusia. (nca/sur)




  • Bagikan