Normalisasi untuk Atasi Masalah Banjir

radarlampung.co.id – Normalisasi drainase menjadi salah satu solusi agar banjir yang terjadi di kecamatan Pardasuka tak terulang kembali. Di mana, saat ini terjadi penyempitan pada saluran pembuang.

”Perlu Normalisasi siring pembuang, supaya tidak terjadi banjir lagi,” kata Rohmansah, salah seorang warga Pardasuka, Jumat (11/1).



Menurut salah seorang anggota DPRD Pringsewu ini, saat hujan deras, saluran pembuang yang berada di Dusun Margabatin, Pekon Pardasuka tidak bisa menampung air dari atas. Akibatnya ai rmeluap hingga pemukiman.

Sementara Wakil Bupati Pringsewu Fauzi mempersilahkan warga berembug untuk melakukan normalisasi drainase. Namun yang terpenting, Fauzi meminta kesadaran warga unutk tidak membuang sampah sembarangan.

Sebelumnya, Fauzi mendatangi korban banjir di Kecamatan Pardasuka, Jumat (11/1). Ia didampingi satuan kerja terkait. Di antaranya dari Dinas PUPR, Dinas Sosial, BPBD, Dinas Kesehatan dan camat.

Selain meninjau lokasi banjir, Fauzi juga memeriksa saluran drainase yang meluap. Ia meminta semua pihak berupaya mengantisipasi agar banjir tidak terjadi lagi di kawasan tersebut.

“Selain pemerintah, juga butuh peran masyarakat menjaga kebersihan. Dengan tidak membuang sampah sembarangan. Termasuk di saluran air,” tegasnya. (sag/ais)