Operasi Pasar Langkah Sikapi Kenaikan Harga Pangan


Operasi Pasar Langkah Sikapi Kenaikan Harga Pangan

Terkait upaya menjaga stabilitas harga bahan pangan, di antaranya telah diwujudkan pemerintah dalam pengambilan kebijakan pada komoditas minyak goreng.





“Tentu pemerintah akan terus melakukannya. Kebijakan ini baru diambil dan regulasinya sedang diatur dalam keputusan Mendag yang baru diterbitkan dua hari lalu. Mudah-mudahan minggu depan sudah lebih banyak lagi minyak dengan harga Rp14.000 ribu per liter,” tutur Menko Airlangga.

Selain menjaga stabilitas harga pangan, pemerintah juga mendorong digitalisasi pasar dengan penggunaan transaksi non tunai di pasar tradisional.

Masyarakat dapat melakukan transaksi non tunai dengan menggunakan Quick Response Code Indonesian Standard (QRIS) yang merupakan standarisasi pembayaran menggunakan metode QR Code dari Bank Indonesia agar proses transaksi menjadi lebih mudah, cepat, dan terjaga keamanannya. Kemudian meminimalisir penggunaan uang fisik di masa pandemi Covid-19 guna mengatasi penyebaran virus Corona.

Baca Juga:   Buka Giling, PTPN VII Target Produksi 112 Ribu Ton Gula

Dalam kesempatan tersebut, selain menyaksikan penyerahan bantuan berupa CSR dari Bank Negara Indonesia (BNI) kepada pedagang pasar dan petugas pasar, Menko Airlangga juga berkeliling menyambangi dan menyapa langsung para pedagang pasar.

Para pedagang menyampaikan kondisi yang dihadapi terkait dengan kenaikan harga pangan dan berharap segera ditangani pemerintah. (rls/ais)