Optimalkan Bulan Ramadhan, Gojek-Tokopedia Gelar Program Pelanggan

  • Bagikan

Radarlampung.co.id – Dalam rangka menyambut Ramadan, Gojek, on-demand platform terkemuka di Asia Tenggara bekerja sama dengan Tokopedia, perusahaan teknologi dengan marketplace terdepan di Indonesia, meluncurkan kampanye Dekatkan yang Jauh, Kirim yang Bermakna.

Kampanye ini, bertujuan untuk mendukung masyarakat agar tetap membangun hubungan erat dan bermakna di  bulan Ramadan, meski masih berada dalam situasi pandemi.

Melalui kolaborasi ini, Sepanjang periode 13 April – 12 Mei 2021, pengguna Tokopedia yang berbelanja pada kategori khusus Parsel Ramadan, akan memperoleh layanan eksklusif GoSend.

GoSend akan memberikan gratis ongkir senilai Rp15 ribu yang berlaku untuk wilayah Jabodetabek, dan gratis ongkir senilai Rp.10 ribu untuk seluruh Indonesia di luar wilayah Jabodetabek, dengan minimum pembelanjaan Rp30 ribu.

Head of Logistics Gojek, Steven Halim mengatakan, Situasi pandemi, mendorong terjadinya pergeseran perilaku konsumsi masyarakat, dari offline menjadi online, baik dalam berbelanja, beribadah, maupun bersilaturahmi.

“Dibulan Ramadan, kami melihat keterbatasan untuk bersilaturahmi secara tatap muka. Nah, kondisi seperti ini, justru mendorong masyarakat menjadi lebih kreatif dengan memilih mengirimkan bingkisan kepada teman maupun anggota keluarga,” ungkap Steven, Senin (5/4).

Baca Juga:   Triwulan II 2021, Laba bank bjb Tumbuh Positif di Tengah Pandemi

Steven menambahkan, Kolaborasi ini, tidak hanya dapat menghadirkan solusi pengiriman yang cepat, mudah, dan aman bagi pelanggan, tetapi juga mendorong pertumbuhan pedagang online sebagai pelaku UMKM yang selama ini telah menjadi motor pemulihan perekonomian Indonesia.

Sementara, VP of Marketing Tokopedia, Hilda Kitti mengungkapkan, Di Tokopedia, transaksi parsel makanan melonjak hampir empat kali lipat selama bulan Ramadan 2020, dibanding Ramadan tahun sebelumnya. Ini menandakan belanja online semakin menjadi andalan masyarakat.

“Kanal digital pun kian dimanfaatkan pegiat usaha di Indonesia untuk mempertahankan bisnis, terutama saat pandemi. Terbukti, jumlah penjual di Tokopedia yang bertumbuh signifikan,” ujarnya.

Terpisah, Riset Lembaga Penyelidikan Ekonomi dan Masyarakat Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia (LPEM FEB UI), mencatat 7 dari 10 pelaku usaha di Tokopedia mengalami kenaikan volume penjualan dengan median sebesar 133 persen selama pandemi.

Berdasarkan keterangan Asosiasi Logistik Indonesia (ALI), sektor logistik untuk e-commerce mampu bertumbuh pesat di masa pandemi mencapai 18,1 persen. Sejalan dengan itu, seluruh layanan logistik Gojek yang terdiri dari GoSend, GoKilat, dan lainnya mencatat pertumbuhan hingga 25% selama tahun 2020.

Baca Juga:   Triwulan II 2021, Laba bank bjb Tumbuh 14,4 Persen

Pertumbuhan tersebut, didukung oleh perkembangan pesat bisnis UMKM, terutama segmen ritel yang memanfaatkan penjualan online dan e-commerce, sehingga berdampak pada peningkatan kebutuhan logistik untuk pengiriman barang dari belanja online.

Untuk menjaga keamanan dan kesehatan mitra maupun pelanggan selama pandemi, GoSend menerapkan prosedur operasional standar (SOP) khusus yang sejalan dengan prinsip Jaga Kesehatan, Kebersihan, dan Keamanan (J3K) Gojek.

Dalam SOP tersebut, para mitra GoSend wajib menggunakan atribut pendukung seperti masker dalam menjalankan tugas saat perjalanan maupun bertemu pelanggan.

Kampanye Dekatkan yang Jauh, Kirim yang Bermakna ini juga menghadirkan berbagai penawaran menarik dari sejumlah layanan Gojek, seperti layanan GoFood, GoRide, GoCar, GoMart, GoTix, GoPlay, dan GoClub.

Sebelumnya, Gojek dan Tokopedia telah berkolaborasi dalam berbagai inisiatif. Salah satunya adalah kampanye #SenangnyaInstan yang dirancang untuk memenuhi kebutuhan pengiriman hemat bagi para pengguna layanan logistik Gojek, seperti GoSend, GoSend Portal, GoBox, dan GoShop. (gie/rls/yud)




  • Bagikan