Optimalkan Pelayanan Publik di DPMPTSP

  • Bagikan

RADARLAMPUNG.CO.ID – Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Pesawaran terus berbenah melengkapi fasilitas dan sarana prasarana penunjang pelayanan. Hal itu dimaksudkan untuk optimalisasi pelayanan publik yang efektif dan efisien

Kepala DPMPTSP Pesawaran Singgih Pebriantoro mengatakan, standar operasional produser (SOP) pelayanan mengacu pada UU Nomor 25/2009 tentang Pelayanan Publik serta Permendagri Nomor 138/2013 yang diperbaharui oleh PP Nomor 6/2021 yang merupakan turunan dari UU Nomor 11/2020.

“Sejumlah fasilitas dan sarana prasarana yang sudah kita lengkapi di antaranya¬† kartu antrean berbasis elektronik, fasilitas disabilitas, playland untuk bermain anak, kantin serta ruang menyusui serta fasilitas lain sesuai dengan amanat dan regulasinya,” kata Singgih.

Baca Juga:   Ini Peruntukan Pengadaan Tanah Pemkab Pesawaran

Selain itu, DPMPTSP Pesawaran juga melakukan terobosan dan inovasi seperti rencana membangun Mal Pelayanan Publik (MPP).

Nantinya tidak hanya pelayanan publik yang dilakukan Dinas Perizinan, namun juga meliputi seluruh OPD yang melakukan pelayanan publik di Pesawaran.

Baik yang dilakukan provinsi atau kabupaten, juga instansi vertikal maupun pemerintahan, seperti Samsat, Kemenkumham, BPJS, dan perbankan.

“Tahap pertama, target kita melakukan MoU dengan Menpan RB untuk pendampingan guna persiapan MPP. Mungkin tahun ini kita akan simulasikan beberapa OPD terkait seperti Disdukcapil, Dinas Kesehatan, Bappenda, dan Dinas Tenaga Kerja,” ujarnya. (ozi/ais)



  • Bagikan