Ormas Tak Tercatat di Kesbangpol Tak Berhak Mendapat Pelayanan

  • Bagikan
Kepala Sub Bidang Profesi dan LSM Kesbangpol Bandarlampung Fiqri Hernata, SH, MH. FOTO APROHAN SAPUTRA/RADARLAMPUNG.CO.ID

RADARLAMPUNG.CO.ID – Bagi organisasi masyarakat (Ormas) atau lembaga swadaya masyarakat (LSM) yang tidak melakukan pelaporan ke Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) maka tidak berhak mendapat layanan.

Kepala Sub Bidang Profesi dan LSM Kesbangpol Bandarlampung Fiqri Hernata, SH, MH mengatakan, baik swasta maupun pemerintah tidak perlu melayani ormas yang belum tercatat di Kesbangpol.


“Kita tidak ada kewajiban melayani ormas yang tidak melapor ke Kesbangpol. Atau dalam artian dia tidak mendapatkan pelayanan dari pemerintah maupun swasta dari segi apapun,” katanya kepada Radar Lampung, Senin (23/9).

Dia bilang, untuk pelaporan ormas ke Kesbangkol dapat disesuaikan cakupan wilayah kerja ormas tersebut. Bila cakupakan kerjanya seprovinsi maka dapat melaporkan atau tercatat di Kesbangpol provinsi.

Baca Juga:   Antisipasi Penyebaran Covid-19, Polresta Bandarlampung Aktifkan Pos Penyekatan

“Nah, kalau dia cakupan kerjanya di wilayah kabupaten/kota saja, dia harus tercatat di Kesbangpol Kabupaten/Kota,” ujarnya.

Untuk diketahui, lanjutnya, bagi ormas berbadan hukum harus melakukan pendaftaran ke Kemenkumham. Sedangkan ormas tak berbadan hukum mendaftar melalui Dirgen Politik dan Pemerintahan Umum Kemendagri.

“Berbadan hukum akan terdaftar dengan bukti SK Kemenkumham, sedangkan ormas yang tidak berbadan hukum terdaftar dengan SKT (surat keterangan terdaftar) dari Polpum Kemendagri,” imbuhnya. (apr/red/sur)





Baca Selengkapnya...





  • Bagikan