Pagu Anggaran Dana Desa 2022 untuk Desa di Pesawaran Rp155 M


Pagu Anggaran Dana Desa 2022 untuk Desa di Pesawaran Rp155 M
ILUSTRASI/FOTO NET

RADARLAMPUNG.CO.ID – Pagu indikatif Anggaran Dana Desa (DD) tahun anggaran 2022 bersumber dari pemerintah pusat untuk 144 desa di Pesawaran mencapai sekitar Rp 155 miliar lebih. Pagu tersebut mengalami penurunan sekitar Rp 5 miliar dibanding tahun sebelumnya

“Ada penyesuaian dan pengurangan dibanding tahun lalu karena secara nasional berkurang. Kalau tahun 2021 lalu pagu Dana Desa sekitar Rp 156 miliar,”ungkap Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa, Zuriadi.





Demikian halnya dengan Alokasi Dana Desa (ADD) untuk 144 desa yang bersumber dari APBD TA 2022 mencapai sekitar Rp 72 miliar. Pagu tersebut juga mengalami penurunan sekitar Rp 3 miliar dibanding tahun lalu.

“Namun meskipun mengalami penurunan, tidak memengaruhi penghasilan tetap aparatur desa,”ucapnya.

Baca Juga:   Harapkan Media Sosialisasikan Program Unggulan Kabupaten

Menurutnya, saat ini seluruh kepala desa segera menyampaikan laporan pertanggungjawaban APBDes TA 2021 dan menyampaikan APBDes TA 2022. Dimana, sesuai dengan Peraturan Menteri Keuangan (PMK) 190/2021 tentang penggunaan Dana Desa. Dimana, dalam PMK tersebut diamanatkan 40 persen dari DD dialokasikan untuk BLT DD, 20 persen untuk pangan dan 8 persen.

“Sudah kita sosialiasikan melalui masing masing kecamatan. Saat ini kita masih menunggu APBDes TA 2022 untuk segera disampaikan ke pemerintah daerah. Termasuk laporan pertanggungjawaban APBDes TA 2021,” jelasnya.

Terkait penerima BLT DD byname by adress sepenuhnya pendataan dan verifikasi melalui musyawarah desa dilaksanakan oleh pemerintah desa. Siapa saja yang layak mendapatkan BLT DD. Dimana, setiap warga akan mendapatkan BLT DD sebesar Rp 300 ribu per bulan selama satu tahun.

Baca Juga:   Satu Bulan, Ungkap Sembilan Kasus, Tangkap 10 Tersangka

“Penerima bansos, PKH, BPNT tidak diperkenankan lagi mendapat BLT DD. Tapi kalau tadinya menerima PKH, tapi tidak dapat lagi, itu menjadi prioritas,”tandasnya. (ozi/wdi)