PAN Bandarlampung Matangkan Penjaringan Formatur Tingkat Kecamatan

  • Bagikan
Ketua DPD Kota Bandarlampung Wahyu Lesmono. Foto Agung Budiarto/radarlampung.co.id

RADARLAMPUNG.CO.ID- Pasca ditetapkannya pengurus beberapa waktu lalu, ada pekerjaan rumah yang harus diselesaikan oleh DPD PAN Kota Bandarlampung. Yakni menyelesaikan kepengurusan atau menggelar Muscab di DPC, 20 Kecamatan.

Saat pembagian SK beberapa waktu laludi Rumah PAN, Ketua DPW Irfan Djafar Lan Putra menjelaskan sebenarnya dalam SK, pembentukan kepengurusan DPC ditenggat Maret 2021. Namun, mengingat kondisi yang mepet maka waktu menjadi tentatif. Akan tetapi, jika DPD bisa menyelesaikan sebelum itu, lebih bagus.

Ketua Harian DPD Kota Bandarlampung Wahyu Lesmono memgatakan, pihaknya sudah melalukan konsolidasi kepada seluruh pengurus DPD. Di mana, berdasarkan hasil kesepakatan bahwa Muscab bakal digelar pada April 2021. “Iya, kita sudah rakor bersama semua sekretaris DPC. Ya agendanya oersiapan Muscab, insyaallah April dilakukan,” ujarnya, Selasa (23/3).

Dia melanjutkan,ke depan jiga akan melakukan patangan persiapan teknis mempersiapkan pelaksanaan muscab. Misalnya, agenda pendaftaran calon formatur di masing-masing DPC.

“Di awal April, kira-kira di tanggal 5, nama-nama calon formatur DPC, sudah harus masuk ke DPD. Kemudian, setelahnya berkas dikirim ke DPW untuk menjadi laporan. Untuk jelas pelaksanaan Muscabnya, agendanya setelah nama-nama formatur terkumpul dan berkasnya diterima DPW,”jelasnya.

DPW Pan Provinsi Lampung menyerahkan 12 dari 15 SK kepengurusan DPD, berdasarkan usulan formatur di masing-masing daerah, di rumah PAN, Senin (8/3).

Ketua DPW PAN Provinsi Lampung, Irham Djafar Lan Putra mengatakan, hal tersebut lantaran kepengurusan tiga daerah, yakni Lampung Tengah, Lampung Timur, dan Metro masih digodok oleh DPP. “Kemarin juga kita sudah lima hari di DPP tidak pulang-pulang. Tiga daerah masih digodok di DPP mudah-mudahan dalam waktu dekat disampaikan,” katanya, Selasa (23/3)

Mantan Sekprov Lampung ini melanjutkan, dari ke 12 SK kepengurusan yang diserahkan ada beberapa daerah yang diisi dengan Ketua Harian. Yakni, Lampung Selatan, Bandarlampung, Mesuji, dan Lampung Barat.

“Ini kebijakan DPP. Ada sesuatu hal yang kira-kira tidak perlu dikemukakan. Tapi yang jelas ini untuk mengefektifkan kerja-kerja. Misalnya di Lambar, ketuanya Joko Santoso, tapi ada ketua harian. Joko kan anggota dprd provinsi tidak mungkin dia selalu di Lambar. Begitu juga dengan Mesuji, dan Bandarlampung, serta Lampung Selatan,” kata dia.

Dijelaskan dia, setelah mendapatkan SK, kepengurusan baru ini diberikan PR untuk menyiapkan Musyawarah Cabang (Muscab). Dibmana, di dalam SK tertera agenda muscab paling lambat pada 31 Maret 2021. “Tapi kalau melihat waktunya sih nanti fleksibel. Tapi, kalau mampu dilaksanakan sebelum itu ya enggak masalah. Malah bagus,”ujarnya.

Irham juga bilang, ada target-target yang bakal diemban kepengurusan DPD ini. Salahsatunya adalah menaikkan target jumlah anggota legislatif di masing-masing daerah. “Jadi, telaah dan rekrut caleg yang benar-benar bisa menambah suara. Petakan calon, misalnya Waykanan dari empat kursi targetbdelapanbkursi. Mesuji dari tuga menjadi lima. Lampura dari empat menjadi ebam, tulangbawang dari tujuh menjadi sepuluh, Bandarlampung dari enam menjadi delapan. Kalau semua target terpenuhi, saya akan motong kerbau atau sapi,” kata dia. (abd/wdi)



  • Bagikan