Pandemi Virus Corona, Hanya 30 Persen IKM Pertahankan Pasar

  • Bagikan
ILUSTRASI/FOTO NET

RADARLAMPUNG.CO.ID – Dari total sekitar 700 Industri Kecil Menengah (IKM) di Lampung Barat, hanya sekitar 30 persen yang masih mampu mempertahankan pangsa pasar (market share) di tengah pandemi virus Corona.

IKM yang masih bertahan ini rata-rata sudah memiliki jaringan atau pelanggan tetap. Sebagian bergerak di bidang usaha penjualan kopi dan makanan.


Kabid Industri Dinas Koperasi, UKM, Perindustrian dan Perdagangan (Diskoperindag) Lambar Selamat Riyadi mengatakan, pandemi virus Corona berdampak langsung terhadap IKM. Mulai dari turunnya jumlah penjualan hingga omzet.

”Untuk jumlah IKM di Lambar, berdasar hasil pendataan dua tahun lalu, ada sekitar 700 IKM. Dari jumlah tersebut, saat ini paling sekitar 30 persen yang masih mampu mempertahankan pangsa pasar,” kata Selamat mewakili Kepala Diskoperindag Lambar Sugeng Raharjo.

Baca Juga:   Ini Kendala Testing Covid-19 di Lambar

Selamat menuturkan, setiap tahunnya pemerintah memberikan perhatian kepada para pelaku IKM di Lambar. Namun karena keterbatasan anggaran, belum semua IKM mendapatkan bantuan.

”Untuk tahun lalu kami memberikan bantuan berupa alat produksi, mesin open, mesin bubuk kopi, dan pengaduk dodol. Kemudian untuk 2021 ini, rencananya akan ada sembilan peralatan. Seperti pemanggang ikan, pengupas kedelai, mesin bordir, alat batik dan membuat hadra,” urainya. (nop/ais)




  • Bagikan