Pangan Yang Dijual di Sekolah Harus Aman Dikonsumsi Anak-anak

  • Bagikan
Sekprov Fahrizal Darminto. Foto Biro Adpim Pemprov Lampung

RADARLAMPUNG.CO.ID-Gubernur Lampung Arinal Djunaidi menginginkan pangan yang dijual di sekolah harus aman untuk dikonsumsi anak-anak. Hal ini disampaikan Sekprov Lampung Fahrizal Darminto saat membuka Forum Komunikasi Pangan Kantin Sekolah dan Pemberian Sertifikat Penghargaan Sekolah Pangan Aman tahun 2020, di Hotel Novotel, Selasa (17/11).

Menurut Fahrizal, keberadaan Pangan Jajanan Anak Sekolah (PJAS) dapat meningkatkan asupan gizi anak sekolah. Maka PJAS berperan dalam pemenuhan asupan energi dan gizi anak usia sekolah.

“Namun harus dijaga. Jangan sampai ada bahan bahaya baik mikrobiologi, fisik, maupun kimia yang sangat mungkin mencemari PJAS karena praktik keamanan pangan yang buruk dan lingkungan yang tercemarm karena itulah, Pemprov memandang perlu adanya pengawasan PJAS terutama di lingkungan sekolah anak-anak kita agar PJAS tetap aman dikonsumsi anak-anak,” terangnya.

Baca Juga:   Arinal Bakal Lebih Fokus Pada Perbaikan Jalan

Hal itu juga menurut Fahrizal sesuai dengan rencana strategis pembangunan kesehatan di wilayah Lampung dalam meningkatkan status gizi anak. Apalagi, anak dalam usia pertumbuhan membutuhkan gizi yang seimbang seperti kalsium, vitamin D, protein, serat, antioksidan dan zat besi untuk mendukung pertumbuhan dan perkembangan tubuh anak.

“Gizi yang tidak seimbang bisa menimbulkan anemia dan gangguan kesehatan lainnya. Dan ini dapat mengganggu proses belajar anak-anak. Untuk itu peran Pengawas Obat dan Makanan atau Badan POM sangat penting didalam membantu Pemerintah untuk meningkatkan gizi anak dan membebaskan jajanan dari bahan yang berbahaya bagi kesehatan,” lanjutnya. (rma/wdi)



  • Bagikan