Pangkogabwilhan I Kunjungi PLN UID Lampung


RADARLAMPUNG.CO.ID – Panglima Komando Gabungan Wilayah Pertahanan (Pangkogabwilhan) I, Laksamana Madya TNI Muhammad Ali, S.E., M.M., S.Tr.Opsla tiba di Lampung dalam rangka kunjungan kerja terkait pelaksanaan vaksinasi dan bhakti sosial di Makodim 0410/KBL, Senin (25/4).

Jenderal bintang tiga itu juga singgah di PLN UID Lampung sebagai bagian dari rangkaian kegiatan kunjungan kerjanya. Kedatangan Pangkogabwilhan I disambut hangat oleh General Manager PLN UID Lampung I Gede Agung Sindu Putra.





I Gede Agung Sindu Putra dalam sambutannya mengatakan, dia sangat berterima kasih karena PLN UID Lampung termasuk dalam agenda kunjungan kerja Pangkogabwilhan I. Ia berharap sinergi dan kolaborasi antara TNI dan PLN kedepannya dapat lebih baik lagi.

“Kunjungan kerja ini dapat memberikan dukungan kesuksesan pelaksanaan penugasan pemerintah ke BUMN, dalam hal ini PLN UID Lampung dan sekaligus mendukung program pemerintah menuju Indonesia Terang,” ujar I Gede Agung Sindu Putra.

Dalam paparannya, I Gede Agung Sindu Putra juga mengatakan bahwa PLN terus bekerja keras dalam mewujudkan 100 persen Desa Berlistrik di Provinsi Lampung.

Dia menjelaskan, rasio desa berlistrik di Lampung saat ini mencapai 99,43 persen, untuk mencapai 100 persen, PLN sangat membutuhkan dukungan dari seluruh stakeholder.

Dalam kunjungan kerja itu, selain pemaparan kegiatan, juga dilakukan penayangan video kerja keras PLN UID Lampung dalam melistriki Provinsi Lampung hingga video kegiatan bedah rumah PLN dengan pemanfaatan FABA (Fly Ash Bottom Ash) atau abu sisa pembakaran batubara.

I Gede Agung Sindu Putra menerangkan bahwa FABA dapat dimanfaatkan oleh masyarakat secara luas dan positif. Sehingga, menurutnya pemanfaatan FABA dapat memberikan dampak circular economy secara luas kepada masyarakat.

“Untuk itu, FABA tetap dikelola dengan mengedepankan prinsip 4M yaitu Mudah, Murah, Mutu dan Masif,” imbuhnya.

Sementara, Pangkogabwilhan I, Laksamana Madya TNI Muhammad Ali mengatakan, kunjungan kerja ini merupakan bagian dari sinergitas dan kerjasama yang baik antara TNI dan PLN dalam menyukseskan program pemerintah melistriki Indonesia.

Dia meminta kepada PLN untuk dapat menjaga keandalan pasokan listriknya terutama untuk daerah-daerah pangkalan militer.

Selain itu, dia juga berharap implementasi kerjasama TNI dan PLN dalam hal pemanfaatan FABA untuk pembangunan infrastruktur dan rumah-rumah anggota TNI dapat dilaksanakan dengan baik. (rls/ais)