Pantai Temajuk, Primadona Destinasi Wisata di Kabupaten Sambas

  • Bagikan
Foto dok www. akuindonesiana.wordpress.com

RADARLAMPUNG.CO.ID- Pulau Kalimantan merupakan pulau yang berbatasan langsung dengan Malaysia. Dan di Kabupaten Sambas Kalimantan Barat, terdapat pantai Temajuk yang jadi primadona tujuan wisata.

Di pantai ini, hamparan pasir putih dan deru ombak serta air yang jernih akan memanjakan mata wisatawan. Pelaksana tugas (Plt.) Sekretaris Badan Nasional Pengelola Perbatasan (BNPP), Suhajar Diantoro, menyampaikan antusias wisatawan lokal maupun dari negara tetangga untuk mengunjungi Pantai Temajuk masih tinggi. “Sabtu-Minggu bisa 2.000 orang yang datang kesana,” kata Suhajar, dalam keterangan persnya kepada radarlampung.co.id.


Ia menceritakan bahwa para turis lokal maupun dari negara tetangga Malaysia datang ke Pantai Temajuk untuk melihat matahari terbenam. Untuk sampai ke Pantai Temajuk biasanya wisatawan dari Malaysia menggunakan ojek motor warga Temajuk.

“Mereka harus naik ojek turis-turis Malaysia yang menengah kebawah, karena jalannya belum belum selesai,” sambung Suhajar.

Dan saat ini, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) anggota BNPP sudah memetakan jalan sepanjang 2,7 km untuk diperbaiki.

Selain dapat melihat pemandangan alam yang indah, di Pantai Temajuk juga menjadi salah satu lokasi nelayan memanen ubur-ubur. Suhajar mengatakan ubur-ubur merupakan satu dari sekian banyak komoditas unggulan yang diekspor dari Sambas melalui Pos Lintas Batas Negara (PLBN) Aruk. Biasanya ubur-ubur dari Pantai Temajuk diekspor untuk bahan baku kosmetik.

Dari data yang dimiliki BNPP periode Desember 2019 hingga Maret 2020 jumlah produksi komoditas perikanan ubur-ubur dan cumi-cumi sebanyak 219.116 KgM dengan nilai ekspor Rp. 438,5 Juta. (rls/wdi)




  • Bagikan