Panwaslu Catat dan Tangani 20 Kasus Selama Pilkada

  • Bagikan

radarlampung.co.id – Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Kabupaten Lampung Utara mencatat dan menangani 20 temuan dan laporan pelanggaran selama pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak 2018 baik Pilgub maupun Pilkada Lampura 27 Juni lalu.

Rinciannya, untuk Pilgub ada enam laporan dan temuan. Sedangkan pilkada ada 14 temuan. Rincian untuk pilgub satu laporan dan satu temuan dugaan pelanggaran Pilgub Lampung dan empat laporan. Sedangkan untuk pilkada ada 14 temuan dugaan pelanggaran.

“Dari laporan dan temuan tersebut, beberapa diantaranya harus dihentikan lantaran tidak memenuhi cukup unsur. Namun ada yang ditindaklanjuti bahkan hingga memperoleh keputusan Pengadilan,” jelas ketua Panwaslu Lampura Zainal Bachtiar kepada Radar Kotabumi (grup radarlampung.co.id) Senin (2/7).

Baca Juga:   Polda Lampung Bongkar Jaringan Narkoba Antar Provinsi, Satu Mahasiswa Diamankan

Dijelaskan Zainal,   untuk satu laporan yang ditindaklanjuti hingga proses pengadilan dan divonis bersalah adalah laporan keterlibatanYayat kepala desa Suka Mulya Kecamatan Tanjung Raja.

Yayat divonis bersalah dan dijatuhi hukuman 1 bulan penjara atas keterlibatanya dalam kampanye salah satu pasangan calon (paslon) gubernur Lampung. Keputusan tersebut berdasarkan ketentuan UU Nomor 10/2016 pasal   71 tentang Perubahan Kedua Atas Undang-Undang Nomor 1 Tahun 2015 Tentang Penetapan Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-Undang Nomor 1 Tahun 2014 Tentang Pemilihan Gubernur, Bupati, Dan Walikota Menjadi Undang-Undang.

“Yang bersangkutan telah dijatuhi pidana selama 1 bulan karena terbukti secara sah dan meyakinkan melakukan pelanggaran sebagaimana ketentuan pasal 71 UU No.10/2016,” ujarnya.

Sementara, lanjut Zainal untuk Pilbup Lampura dari empat laporan yang masuk tiga diantaranya dinyatakan kadaluarsa sedangkan satu laporan ditindaklanjuti. Kemudian untuk 14 temuan dua diantaranya harus dihentikan lantaran tidak terpenuhi cukup unsur. Sementara 12 temuan lainnya ditindaklanjuti dan masih dalam proses.

Baca Juga:   Buruh Penyedot Tinja Edarkan 28 Kg Ganja Kering

“Baik laporan maupun temuan yang memenuhi unsur kita tindaklanjuti,” kata Zainal tanpa mau merinci sejauhmana tindak lanjut dari laporan atau temuan yang ditindaklanjuti panwaslu Lampura tersebut (her/rid/gus)




  • Bagikan