Para Lulusan Harus Mampu Bersiap Hadapi Dunia Persaingan

  • Bagikan

RADARLAMPUNG.CO.ID – Universitas Islam Negeri (UIN) Raden Intan Lampung melaksanakan prosesi wisuda periode III tahun 2019 di Gedung Serba Guna (GSG) UIN Raden Intan, Rabu (30/10).

Jumlah wisudawan sebanyak 775 orang terdiri dari Program Pascasarjana S3 berjumlah 4 orang, Pascasarjana S2 sebanyak 20 orang, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan 398 orang, dan Fakultas Syariah 109 orang. Kemudian, Fakultas Ushuluddin dan Studi Agama 52 orang, Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi 109 orang, serta Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam 122 orang.

Rektor UIN Raden Intan Lampung Prof. Moh Mukri mengatakan, selama beberapa tahun terakhir di UIN Raden Intan Lampung telah terjadi peningkatan mutu, dan peningkatan apresiasi masyarakat terhadap UIN Raden Intan Lampung. Hal tersebut dibuktikan dengan jumlah pendaftar calon mahasiswa yang selalu meningkat dari tahun ke tahun. Terlebih, pada tahun 2019 UIN Raden Intan Lampung diminati pendaftar sekitar 26 ribu, dan hanya sekitar 6 ribu pendaftar yang diterima.

Baca Juga:   Itera-Unila Bahas Kerjasama Akademik

“Tahun ini UIN Raden Intan Lampung menempati peeringkat ke 4 perguruan tinggi keagamaan islam paling diminati secara nasional, dan posisi ke 1 di Sumatera,” ujarnya.

Dikatakannya, saat ini telah memasuki era revolusi industri 4.0 dengan ciri-ciri serba internet, keterhubungan, jaringan, dan serba digital. Sehingga semua itu menuntut inovasi yang berkelanjutan, kerjasama yang seluasuasnya dengan jaringan dunia, agar UIN Raden Intan Lampung tetap bertahan.

Selain itu, pihaknya juga mempersiapkan mahasiswanya untuk bisa bersaing di dunia kerja melalui pengembangan karier, pelatihan-pelatihan yang diberikan dengan mengundang para pengusaha untuk memberikan mahasiswanya pelatihan kewirausahaan maupun ketrampilan.

“Sekarang ini generasi-generasi yang ada harus mempersiapkan diri secara mental maupun ketrampilan, dan tentunya kemampuan berbahasa asing terutama bahasa inggris sangat diperlukan,” tandasnya. (rur/sur)




  • Bagikan