Parosil Mabsus Resmikan Pencanangan Lambar Menjadi Kabupaten Literasi Untuk Kesejahteraan Rakyat

  • Bagikan

“Mengingat begitu pentingnya literasi, pemerintah melalui Bappenas telah menjadikannya sebagai prioritas nasional 1 ditahun 2019. Yaitu pembangunan manusia melalui pengurangan kemiskinan dan peningkatan pelayanan dasar melalui program penguatan literasi,” terangnya.

Untuk itu, kesejahteraan dan kegiatan pemerataan layanan perpustakaan berbasis inklusi sosial, karenanya perpustakaan harus bertransformasi. Dengan merubah mindset tentang apa yang harus dilakukan oleh perpustakaan dengan melibatkan seluruh stakeholders dan masyarakat.


“Keterlibatan stakeholders dan masyarakat dalam merubah mindset tentang perpustakaan,akan membawa perubahan besar terhadap peran perpustakaan dimasyarakat.
Sebagai contoh layanan yang melibatkan seluruh stakeholders dan masyarakat akan membuat perpustakaan menjadi ruang terbuka bagi masyarakat untuk belajar,” terangnya.

Saling berbagi pengetahuan dan bertukar pengalaman. Hal ini dapat dilakukan di perpustakaan nasional, perpustakaan provinsi/ kabupaten/ kota, bahkan di perpustakaan desa. Agar Perpustakaan dapat bertransformasi diperlukan adanya komitmen dari pemerintah daerah untuk meningkatkan kapasitas kelembagaan perpustakaan baik ditingkat propinsi.

Baca Juga:   IWAPI Lampung Gandeng Disnakkeswan Gelar Webinar Produk Pangan asal Hewan

“Kabupaten/kota dan bahkan sampai ke desa serta didukung dengan peraturan-peraturan daerah yang menguatkan kedudukan perpustakaan. Selain itu, peningkatan kapasitas tenaga perpustakaanpun tidak boleh dilupakan baik dari sisi kualitas dan kuantitas. Bekali tenaga perpustakaan dengan kemampuan hard dan soft skills,” kata dia.

Hal tersebut adalah peningkatan kapasitas pemanfaatan perpustakaan melalui ketersediaan dan kemudahan akses bahan pustaka dan sumber informasi. Bermutu untuk masyarakat agar masyarakat dapat memanfaatkan perpustakaan untuk berbagi pengalaman dan melatih keterampilan supaya beroleh keahlian.




  • Bagikan